Pangkalpinang (ANTARA News) - Calon anggota legislatif (caleg) perempuan di Provinsi Bangka Belitung (Babel) berjanji akan memberdayakan ibu rumah tangga (IRT) untuk meningkatkan ekonomi keluarga mereka.

"Selama ini kami telah melakukan pembinaan dan mengajak IRT agar berwirausaha dan mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya," kata caleg perempuan dari Partai Gerindra, Jubaidah di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, selama ini para IRT hanya berperan mengurus anak, suami dan pekerjaan rumah tangga lainnya, karena tidak adanya pengetahuan dan tidak berani bersikap untuk meningkatkan pendapatan keluarganya.

"Selama ini peran IRT dalam meningkatkan pendapatan keluarga masih sangat rendah dan mereka hanya mengandalkan pendapatan dari suaminya," ujarnya.

Menurut caleg DPRD Kota Pangkalpinang dengan nomor urut 5 dari daerah pemilihan Pangkalbalam itu, untuk meningkatkan SDM IRT diperlukan pembinaan, pelatihan kewirausahaan skala rumah tangga dan juga bantuan modal bagi pengembangan usahanya.

"Saya berjanji apabila terpilih nanti akan memperjuangkan para IRT agar mereka bisa mandiri yang sekaligus juga akan menekan angka kemiskinan di daerah ini," ujarnya.

Ia mengatakan, pelatihan usaha kecil bagi IRT penting agar mereka mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Namun demikian, hal itu tidak akan bisa dipenuhi tanpa adanya peran dari pemerintah.

"SDM IRT ini akan semakin berkembang jika mereka juga mengajarkan ilmu yang mereka miliki kepada masyarakat lainnya serta dapat membuka usaha sendiri sekaligus membuka lapangan kerja baru bagi IRT lainnya," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014