IKPP mengembangkan Merak Mas Port menjadi `Logistics Terminal` untuk melayani industri di Provinsi Banten danJawa Barat,"
Jakarta (ANTARA News) - Pelabuhan multiguna "Merak Mas Port" milik Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (IKPP) akan dikembangkan jadi terminal logistik untuk mendukung efisiensi industri nasional dan membangun jaringan transportasi yang menghubungkan pengangkutan laut dan darat.

"IKPP mengembangkan Merak Mas Port menjadi Logistics Terminal untuk melayani industri di Provinsi Banten danJawa Barat," kata Direktur IKPP Suhendra Wiriadinata dalam keterngan pers di Jakarta, Rabu.

Dia juga menambahkan bahwa dalam rangka hari ulang tahun ke-42 Badan SAR Nasional tahun 2014, Rabu, telah dilaksanakan apel kesiapsiagaan yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Acara tersebut berlangsung di pelabuhan multiguna Merak Mas Port yang akan kami kembangkan jadi terminal logistik," katanya.

 IKPP, tambah dia, menggandeng Global Putra International Group (GPI Group) untuk mengembangkan Merak Mas Port menjadi Terminal Logistik.

Pengembangan tersebut, kata dia, untuk mendukung efisiensi industri nasional dengan menyediakan sarana dan fasilitas logistik untuk meningkatkan nilai tambah.

"Selain itu pelayanan di terminal logistik akan mengintegrasikan berbagai hal yang akan memberi manfaat bagi para pemangku kepentingan, termasuk bagi perusahaan kami dan perusahaan lain yang menggunakan fasilitas ini," katanya.

Pembangunan Merak Mas Port dimulai pada Januari 1996, kemudian mendapatkan izin untuk beroperasi pada September 1997 dan percobaan pertama kali pada Oktober 1998.

Pada April 1999, Terminal Multipurpose Merak Mas Port menandatangani perjanjian kerja sama operasi dengan PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II.
(W004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014