Kami melibatkan 400 relawan pelipat dan penyortir surat suara yang bekerja setiap hari mulai hari ini,"
Bekasi (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melibatkan 400 relawan untuk menyortir dan melipat 8,3 juta surat suara Pemilihan Umum Legislatif 2014.

"Kami melibatkan 400 relawan pelipat dan penyortir surat suara yang bekerja setiap hari mulai hari ini," kata Komisioner KPU Kabupaten Bekasi Zaki Hilmi di Cikarang, Jumat.

Menurutnya, KPU menargetkan satu relawan manyelesaikan pelipatan 1.000 lembar per hari agar target pelipatan dan penyortiran 400 ribu per hari dapat tercapai.

"Total surat suara yang harus dikerjakan mencapai 8,3 juta lembar," katanya.

Untuk tahap awal kali ini, pihaknya telah menerima sekitar 600 ribu lebih surat suara yang dikirim dari lokasi percetakan.

"Para relawan ini kita berdayakan dari masyarakat sekitar GOR Tambun yang menjadi lokasi pelipatan surat suara," katanya.

Zaki menambahkan, hari perdana pelipatan pihaknya mengerahkan 400 orang relawan, namun bila jumlah itu tidak mencukupi, akan ditambah 200 relawan lainnya.

"Kabupaten Bekasi akan menerima 8,3 juta lembar surat suara yang dipergunakan untuk DPRD Kabupaten, DPRD Jawa Barat, DPR RI dan DPD RI, dikabarkan malam ini juga akan ada penambahan suara lagi dari percetakan," katanya.

Menurut dia, hingga saat ini belum terdeteksi surat suara yang rusak, namun apabila terdapat kerusakan maka KPU akan melaporkan hal itu untuk dilakukan pergantian.(*)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014