Polri telah menyiapkan tim DVI Pusdokkes untuk membantu kepentingan WNI dan keluarga yang dikabarkan ada dalam pesawat itu...
Jakarta (ANTARA News) - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Pusat Kedokteran dan Kesehatan Mabes Polri tengah melakukan pemeriksaan antemortem kepada keluarga korban warga negara Indonesia yang berada di pesawat Boeing 777 Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 pada Sabtu (8/3) dini hari.

"Sementara belum ada permintaan dari otoritas yang berwenang untuk membantu mencari korban, namun Polri telah menyiapkan tim DVI Pusdokkes untuk membantu kepentingan WNI dan keluarga yang dikabarkan ada dalam pesawat itu," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie di Jakarta, Minggu.

Ronny menjelaskan diterjunkannya tim DVI bertujuan untuk mengunjungi dan menenangkan keluarga korban terlebih dahulu.

Kedua, lanjut dia, untuk mendata antemortem sekaligus pengambilan sampel (sampling) DNA, dental record (gigi), sidik jari, properti, tanda fisik dan lainnya.

Dia mengatakan pendataan antemortem dilakukan oleh tim DVI Polda Metro Jaya dan Polda Sumatra Utara yang berkoordinasi dengan PWNI Kementerian Luar Negeri.

Sementara itu, untuk tim DVI postmortem tetap bersiaga untuk menemukan korban apabila ada permintaan dari otoritas setempat.

"Saat ini masih stand-by di Jakarta, namun telah bertemu dengan keluarga untuk keperluan pencarian data pendukung," kata Ronny.

(J010)


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014