Kami mengemas 48 poin dan itu adalah hal yang baik. Bisakah kami masuk di empat besar? Secara matematika, kami bisa...
London (ANTARA News) - Manajer Everton, Roberto Martinez, masih melihat kemungkinan timnya bisa mendapatkan tempat di Liga Champions sambil menanti kunjungan Cardiff City ke Goodison Park, Sabtu pekan ini.

Saat Everton kalah 1-4 dari Arsenal pada pertandingan perempat final piala FA, pekan lalu, tim Martinez turun ke peringkat tujuh pada klasemen Liga Premier (Premier League), menyusul Manchester United menang 3-0 atas West Bromwich Albion.

Saat ini, The Toffees tertinggal sembilan poin dari peringkat empat, Manchester City dengan 11 pertandingan tersisa, meninggalkan Everton yang harus menghadapi tugas berat untuk lolos kualifikasi kompetisi klub elit Eropa.

Martinez mendapatkan banyak pujian atas kerjanya sejak menggantikan David Moyes, yang bergabung ke Manchester United musim panas lalu.

Everton mengalami empat kali kalah dari tujuh pertandingan terakhir di semua kompetisi sejak akhir Januari lalu.

Martinez masih mematok empat besar sebagai targetnya, dengan Arsenal dan City yang mengalami kekalahan di pertandingan Liga Champion, pertengahan minggu ini, berpotensial untuk menjadi efek yang sangat besar dalam pertarungan.

"Kami mengemas 48 poin dan itu adalah hal yang baik. Bisakah kami masuk di empat besar? Secara matematika, kami bisa," kata Martinez.

Kepada situs FIFA.com, Jumat (14/3), Martinez berkata, "Melihat perhitungan poin, kami membutuhkan untuk mendapatkan posisi tersebut (empat besar) dan masih terjangkau. Itu terpulang kepada reaksi klub lainnya, untuk menjadi atau tidak menjadi, di Eropa. Banyak aspek yang dibutuhkan untuk perhitungan poin untuk menjadi empat besar. Setelah itu bisa berjuang di Liga Eropa".

"Liga Eropa tidak menjadi penghalang sama sekali. Kualifikasi untuk Eropa bagi kami menjadi langkah besar karena akan membawa peristiwa besar di sepak bola yang saya rasakan saya membutuhkan tim yang bisa menjadi apa yang kami inginkan," lanjut Martinez.

Kapten Everton, Phil Jagielka, masih dibekap cedera hamstring yang membuat ia tidak bisa tampil saat dikalahkan Arsenal. Pada pertandingan yang sama, Steven Pienaar, pemain bintang dari Afrika Selatan harus  absen setelah dijatuhkan lawan.

Striker Arouna Kone, pemain tengah Darron Gibson, pemain belakang Bryan Oviedo dan pemain depan pinjaman Monako Lacina Traore adalah daftar pemain yang absen cukup panjang. Setelah imbang 0-0 di Cardiff pada Agustus, Everton tidak bisa menjadi tuan rumah mewakili Wales Selatan di liga sejak 1962, dimana mereka menang 8-3.

The Bluebirds sekarang berada di zona degradasi pada posisi ke-18 dan hanya menyisakan delapan laga untuk menghindari degradasi saat mengunjungi Goodison Park.

Craig Bellamy, striker Cardiff, percaya ia akan membuat perubahan dalam pertandingan untuk menghindari degradasi. Bellamy bersikeras dia siap dan sangat siap setlah mengatasi masalah kebugara di pertengahan musim, untuk membantu pemain sayap Ole Gunnar Solskjaer untuk mereka bertahan.

"Saya merasa saya bisa merubah permainan sedangkan pada awal musim saya mungkin tidak bisa," kata Bellamy. "Saya memiliki banyak kesempatan baik untuk memutuskan permainan belakangan ini daripada yang saya lakukan pada awal musim ini. Cara tim bermain sangat cocok untuk saya".

"Saya fit, tenaga saya kembali, saya tajam. Saya berada pada kondisi terbaik saya saat ini selama saya berada di klub. saya berada di posisi untuk melakukan sesuatu untuk penampilan saya sendiri. Saya percaya kami bisa mempertahankan tempat kami di Liga Primer. Masih ada cukup poin untuk melawan  tim lain yang bisa kami kalahkan," kata Bellamy.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014