Tulungagung (ANTARA News) - Polri menyiagakan satu unit helikopter untuk mengevakuasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan kampanye akbar Partai Demokrat di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Selasa.

"Kami siagakan untuk mengantisipasi jika terjadi peristiwa darurat yang membahayakan keselamatan Bapak Presiden," kata Kapolres Tulungagung AKBP Whisnu Hermawan Februanto di sela kegiatan pengamanan kampanye Partai Demokrat di Stadion Rejoagung, Kota Tulungagung.

Saat ini, pesawat helikopter milik Polda Jatim ini disiagakan di Lapangan Beji yang berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi kampanye.

Menurut Kapolres, pesawat khusus menjadi opsi pertimbangan polisi untuk mengantisipasi jika terjadi kerusuhan atau teror yang mengancam nyawa atau keselamatan kepala negara.

"Sejauh ini situasi aman terkendali. Langkah (pengamanan) ini diberlakukan karena salah satu juru kampanye kebetulan merupakan seorang kepala negara," ulangnya.

Selain helikopter, polisi juga juga menyiagakan sedikitnya satu unit kendaraan penyemprot air dan tiga kendaraan perintis di sekitar Stadion Rejoagung selama kegiatan kampanye berlangsung.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014