Jangan remehkan kehadiran perempuan dalam kancah pemilu legislatif,"
Jakarta (ANTARA News) - Calon anggota legislatif (caleg) perempuan optimistis mampu bersaing dalam pemilihan umum 2014 karena dinilai memiliki kualitas yang setara dengan laki-laki.

"Jangan remehkan kehadiran perempuan dalam kancah pemilu legislatif," kata Caleg DPR RI dari PPP dapil Jawa barat X (Kuningan, Ciamis, Banjar, Pangandaran) Wardatun Naim melalui siaran pers di Jakarta, Kamis.

Caleg urut nomor dua dari PPP tersebut menjelaskan, keterlibatan kaum perempuan menjadi salah satu solusi sukses mencapai target pembangunan.

"Setiap keberhasilan, pasti ada peran aktif perempuan di situ, karena perempuan pemberi sentuhan estetika yang membuat semua proses berhasil dengan indah," katanya.

Wardatun juga menambahkan pada saat ini perempuan tidak hanya memiliki peran domestik karena sesungguhnya perempuan telah berperan dalam era kemerdekaan.

"Contohnya Ibu Fatmawati yang memiliki peran dalam kemerdekaan Indonesia," katanya.

Saat ini, kata Wardatun, keterlibatan kaum perempuan menjadi salah satu solusi sukses mencapai target pembangunan.

"Karena itu, upaya meningkatkan keterlibatan perempuan harus terus didorong. Terutama lewat insentif untuk meningkatkan partisipasinya di Pemilu 2014," katanya.

Menurutnya, kaum perempuan mampu memanfaatkan Pemilu 2014 untuk memperbesar keterwakilan mereka dalam berbagai agenda pembangunan.

Undang-undang, tambah dia, sudah menyediakan ruang dengan menetapkan kuota 30 persen untuk daftar calon tetap. Semua partai politik juga sudah diwajibkan memenuhi kuota tersebut.

"Tinggal bagaimana aturan itu dilaksanakan dengan benar-benar disemangati visi emansipasi dan memperbanyak partisipasi perempuan. Bukan sekadar memenuhi target," katanya.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014