ika ada sesuatu yang bisa ditemukan, saya yakin pencarian ini akan menemukannya"
Perth, Australia (ANTARA News) - Benda-benda mencurigakan yang terlihat satelit di Samudera Hindia selatan tetap menjadi "petunjuk terbaik" dalam pencarian besar-besaran pesawat MH370 Malaysia Airlines yang hilang, kata penjabat Perdana Menteri Australia Warren Truss, Sabtu.

Benda-benda itu mungkin telah melayang atau tenggelam, tetapi "jika ada sesuatu yang bisa ditemukan, saya yakin pencarian ini akan menemukannya," kata Warren Truss dalam konferensi pers seperti dikutip Xinhua.

Perburuan akan terus dilakukan "tanpa batas" sampai "kami benar-benar puas bahwa pencarian lebih lanjut tidak akan sia-sia," kata dia. "Hari itu tidak terlihat."

Menanggapi pertanyaan Xinhua, ia mengatakan ada banyak penjelasan untuk citra satelit yang disediakan Otorita Keselamatan Maritim Australia (AMSA), tetapi mereka tetap "petunjuk yang sangat kredibel."

Apa yang perlu Australia lakukan sekarang adalah mengerahkan segala upaya yang mungkin untuk mencari pesawat yang hilang itu, katanya kepada Xinhua.

Kamis lalu Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan satelit telah melihat dua benda di Samudera Hindia selatan mungkin terkait dengan pesawat Boeing 777 yang menghilang awal 8 Maret dengan membawa 239 orang dari Kuala Lumpur ke Beijing, tujuh di antaranya warga negara Indonesia.

Penemuan ini membuat fokus perhatian beralih ke layah laut 36.000 km persegi sekitar 2.500 km sebelah barat daya Perth.

Hari ini, empat pesawat intai maritim P-3 Orion dan dua jet komersial ultra-jarak jauh diharapkan untuk mencari di daerah tersebut.

Sementara itu, dua pesawat militer Tiongkok tiba di Perth Sabtu sore dan akan bergabung dengan pencarian esok Minggu.

(H-AK/H-RN)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014