Semakin banyak pesawat yang kita miliki, semakin banyak kapal yang kita miliki, semakin yakin kita memastikan materi apa pun di bawah sana."
Port Moresby (ANTARA News) Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan, ada "peningkatan harapan" bahwa pencarian Malaysia Airlines MH370 di Samudera Hindia selatan, setelah satelit Tiongkok mendeteksi benda besar yang bisa jadi merupakan puing pesawat yang hilang sejak 8 Maret 2014.

"Citra satelit Baru Cina tampaknya menyarankan setidaknya satu objek besar di sana, sesuai dengan objek yang sebelumnya ditemukan citra satelit yang saya katakan kepada Parlemen Australia sekitar satu minggu lalu," ujarnya di sela-sela kunjungan di Port Moresby, Papua Nugini, Minggu.

Ia menimpali, "Kemarin salah satu pesawat sipil pencarian kami mendapat visual pada sejumlah objek di daerah yang cukup kecil di zona pencarian keseluruhan Australia."

Selain itu, Abbot layaknya dikutip kantor berita Australia (AAP) menyatakan, "Jelas kami sekarang telah memiliki jumlah informasi utama yang sangat kredibel dan ada peningkatan harapan bahwa kita mungkin berada di jalan untuk menemukan apa yang terjadi."

Ia mengatakan, dua pesawat Tiongkok dan dua Orions Jepang hari ini akan bergabung dengan armada terbang ke zona pencarian, yang kemarin diperluas menjadi 36.000 kilometer persegi.

"Semakin banyak pesawat yang kita miliki, semakin banyak kapal yang kita miliki, semakin yakin kita memastikan materi apa pun di bawah sana," katanya .

Pihak berwenang telah mulai hari keempat pencarian serentak ke wilayah pencarian sekitar 2.500 kilometer dari Perth, di mana mereka kini juga mencari sebuah benda yang diidentifikasi Tiongkok pada Sabtu (22/3) berukuran panjang 22 meter dan lebar 13 meter.

Abbot mendapat laporan bahwa benda itu kemungkinan merupakan dua benda yang terlihat melalui citra satelit pada 16 Maret yang diumumkannya pada Kamis.

Tiongkok, seperti dilansir kantor berita Xinhua,
mendapatkan serangkaian citra satelit obesrvasi bumi beresolusi tinggi dari Gaofen-1 pada 18 Maret yang diduga berkaitan dengan Malaysia Airlines MH370.

Pesawat Boeing 777 200ER itu memiliki sayap berukuran 60,9 meter, panjang keseluruhan 63,7 meter, tinggi ekor 18,5 meter, dan diameter badan pesawat 6,19 meter.


Abbot juga mendapat laporan,
pesawat sipil pada Sabtu ada yang melaporkan penampakan sejumlah benda kecil berdekatan di zona pencarian, dan Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) masih berusaha untuk menemukan MH370.

Satu pesawat P3 Orion terbang di atas daerah sasaran pencarian, tetapi belum bisa melihat apa-apa kecuali rumput laut.

Oleh karena itu, Orion menjatuhkan pelampung penanda untuk melacak pergerakan material dan kapal dagang telah dikirim untuk mencari dan mengidentifikasinya. (*)

Penerjemah: Priyambodo RH
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014