Jakarta (ANTARA News) - Trio pemain internasional Inggris telah membantu Southampton menang besar atas Newcastle, ketika Jay Rodriguez mencetak gua gol dan Rickie Lambert serta Adam Lallana masing-masing satu dalam kemenangan 4-0 di Stadion St Mary, Sabtu waktu setempat.

Kiper cadangan Newcastle Robert Elliot, pengganti Tim Krul yang sedang cedera, membuat serangkaian penyelamatan bagus pada babak pertama, namun upayanya kemudian terbukti sia-sia.

Umpan Lambert dimanfaatkan dengan baik oleh Rodriguez untuk membuka keunggulan Southampton pada injury time babak pertama, sebelum kemudian Lallana menambahkan satu gol setelah turun minum.

Keunggulan Southampton diyakinkan lagi dengan gol Lallana dari jarak jauh pada menit 70, dan Rodriguez melengkapinya dengan gol keduanya pada akhir babak kedua.

Gawang Elliot terancam tiga kali pada awal pertandingan oleh Rodriguez, dan kemudian oleh Lambert pada menit 15. Southampton gagal menyelesaikan dengan baik sejumlah peluang mereka pada babak pertama.

Namun, dominasi tuan rumah yang sangat kentara membuat penjaga gawang Newcastle harus berjibaku menyelamatkan daerahnya, termasuk tendangan dari Rodriguez sesaat sebelum jeda.

Newcastle melakukan dua kali pergantian pemain pada babak kedua, Luuk de Jong menggantikan Hatem Ben Arfa, kemudian Paul Dummett menggantikan Moussa Sissoko. Tapi, pergantian nyaris tidak berdampak.

Newcastle terpaksa menyerah dengan kemasukan empat gol tanpa balas dan merelakan posisinya pada peringkat delapan klasemen Liga Inggris direbut oleh Southampton.

Kemenangan itu membuat Southampton naik ke peringkat delapan dengan nilai 48, sedangkan Newcastle melorot ke posisi sembilan dengan mengumpulkan poin 46, demikian menurut laman resmi Premier League.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014