Daripada memikirkan kawasan industri lebih baik bangun infrastruktur dasar saja seperti jalan raya, jalan kereta api, dan lain-lain, semua pasti senang
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama PT Bukaka Teknik Utama Ahmad kalla mengatakan pembangunan infrastruktur saat ini menjadi hal yang jauh lebih penting daripada pengembangan kawasan industri.

"Daripada memikirkan kawasan industri lebih baik bangun infrastruktur dasar saja seperti jalan raya, jalan kereta api, dan lain-lain, semua pasti senang," kata Ahmad Kalla dalam acara Workshop Kebangkitan Industri Barang Modal Dalam Negeri di Gedung Kemenperin, Jakarta, Kamis.

Ahmad Kalla menilai pengembangan kawasan industri saat ini tidak relevan lagi karena tidak memiliki kegunaan yang signifikan. Menurut dia, lebih baik anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) digelontorkan untuk membangun infrastruktur.

"Untuk apa bangun kawasan industri lagi karena sudah tidak ada gunanya lagi. Dana perusahaan pemerintah juga jangan untuk bantuan ke sana ke sini, cukuplah buat membangun infrastruktur," kata dia.

Dia juga menekankan bahwa proyek pembangunan infrastruktur seyogyanya tidak lagi terlalu mengandalkan kontraktor asing, cukup meningkatkan kemampuan sumber daya lokal untuk bisa belajar dan bermanfaat bagi perekonomian.

"Saya itu membangun PLTA tidak menggunakan kontraktor asing, dan seluruh engineer saya hanya mencontek dari buku saja, tapi semua bisa jadi. Ini namanya berpikir sederhana, melakukan yang sederhana saja namun maju," kata dia.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014