... pemilih pemula hendaknya rajin mencari informasi mengenai rekam jejak para calon anggota legislatif maupun calon presiden dan wakil presiden... "
Samarinda, Kalimantan Timur (ANTARA News) - "Pemilih pemula merupakan kalangan yang rentan tidak menyalurkan hak pilihnya karena keterbatasan pengetahuan dan informasi yang didapat mengenai teknis pelaksanaan pemungutan suara," ujar Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak, di Samarinda, Kamis.

Selain minim pengetahuan tentang teknis menyalurkan hak pilih, pemilih pemula juga masih minim pengetahuannya mengenai sosok calon maupun rekam jejak peserta pemilu selama ini, termasuk apa pengaruh pemilu terhadap pembangunan dalam lima tahun ke depan.

Untuk itu, bagi pemilih pemula hendaknya rajin mencari informasi mengenai rekam jejak para calon anggota legislatif maupun calon presiden dan wakil presiden.

"Pemilu ini merupakan kesempatan yang baik bagi pemilih pemula untuk belajar tentang pelaksanaan demokrasi, khususnya menyalurkan hak pilih sesuai hati nurani kepada peserta pemilu yang akan mengemban amanat pembangunan ke depan," kata gubernur.

Dia juga mengimbau seluruh rakyat Kalimantan Timur menyalurkan hak pilih pada pemilu legislatif dan pemilu presiden mendatang, karena selain sebagai pesta demokrasi lima tahunan ini, pemilu juga menjadi media memperkenalkan pemilih pemula mengenai proses demokrasi yang sesungguhnya.

Pewarta: M Ghofar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014