Madrid (AANTARA News) - Atletico Madrid mempererat genggaman mereka terhadap posisi puncak klasemen Liga Spanyol berkat kemenangan 1-0 atas Villareal di Vicente Calderon pada Sabtu.

Raul Garcia menciptakan satu-satunya gol pada pertandingan ini melalui tandukan kepala, saat pertandingan baru berlangsung 14 menit dari tendangan penjuru Koke.

Bagaimanapun, tanpa pencetak gol terbanyak Diego Costa yang cedera, Atletico dipaksa bertahan untuk kurun waktu yang lama dan mereka beruntung ketika penyelamatan Toby Alderweireld yang melebar tidak masuk ke gawangnya sendiri semenit sebelum pertandingan usai.

Pasukan Diego Simeone sekarang unggul empat angka atas Barcelona, di mana tim peringkat ketiga Real Madrid tertinggal dua angka. Bagaimanapun, Barca dan Real dapat memangkas selisih itu ketika mereka menghadapi Real Betis dan Real Sociedad pada Sabtu.

Selain harus kehilangan Costa yang mengalami masalah pada otot paha belakangnya, Simeone juga tidak dapat memainkan Arda Turan dan Gabi, dan ia melakukan lima perubahan dari tim inti yang bermain imbang 1-1 dengan Barcelona pada pertandingan pertama perempat final Liga Champions Selasa silam.

Diego Ribas mencetak gol indah untuk membuka keunggulan pada tengah pekan, dan ia semestinya kembali melakukannya saat pertandingan memasuki menit keempat ketika ia berada di tepi kotak penalti untuk menyambar tendangan sudut Koke dengan sepakan voli, namun bola melambung di atas mistar.

Tuan rumah mencetak gol dari tendangan penjuru Koke lainnya sembilan menit kemudian, ketika kapten pada hari ini Garcia menanduk bola ke tiang dekat untuk menorehkan gol ke-16nya musim ini.

Atletico kemudian gembira untuk dapat unggul ketika Villarreal mendominasi penguasaan bola, namun tanpa dua pencetak gol terbanyak mereka Giovani Dos Santos dan Ikechukwu Uche, mereka kurang mengancam pada sepertiga terakhir lapangan.

Villarreal terus menikmati banyak penguasaan bola setelah turun minum dan Cani menyia-nyiakan peluang bagus untuk mencetak gol ketika ia melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti, yang melebar setelah ia melakukan pergerakan mengoper yang bagus.

Simeone melakukan tiga pergantian pemain pada awal babak kedua, ketika ia berupaya mengembalikan kendali timnya di pertandingan ini.

Namun Villarreal berupaya bangkit dan Jeremy Perbet hanya kurang beberapa centimeter untuk menyamakan kedudukan, ketika sepakan melengkungnya mengenai bagian atas gawang.

Bencana nyaris menimpa Atletico semenit sebelum pertandingan usai, ketika Alderweireld menepis umpan silang mendatar Moi Gomez ke arah gawangnya sendiri.

Bagaimanapun, sang pemuncak klasemen mampu mempertahankan kemenangan 1-0 beruntun ketiga di kandang di Liga Spanyol, untuk mempertahankan posisi sebagai tim teratas dengan enam pertandingan tersisa untuk dimainkan, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014