Sejumlah kelompok pemberontak melancarkan pemberontakan separatis tingkat rendah di Ethiopia...
Addis Ababa (ANTARA News) - Sembilan orang tewas dan enam luka-luka akibat serangan sejumlah pria bersenjata terhadap sebuah bus yang membawa puluhan orang di Ethiopia Barat, kata media pemerintah, Rabu.

Tidak ada pernyataan tentang yang bertanggung jawab dan tidak ada kelompok disalahkan atas serangan itu, namun Ethiopia mengatakan, dalam beberapa tahun belakangan menggagalkan komplotan pemberontak Ethiopia serta gerilyawan Al Shaabab, yang berkaitan dengan Al-Qaida Somalia.

Sejumlah kelompok pemberontak melancarkan pemberontakan separatis tingkat rendah di Ethiopia, sementara pasukan negara itu merupakan bagian dari serangan terhadap Al Shabaab di negara tetangga Somalia.

Penyergapan terjadi di dekat Bendungan Grand Renaissance, merupakan serangan kedua terhadap transportasi umum di wilayah Benishangul Gumuz dalam lima bulan terakhir.

Sebelumnya empat orang tewas akibat bom ledakan di satu minibus pada November. Demikian diberitakan Reuters

"Bus itu ditargetkan saat bepergian 100 kilometer di selatan (ibu kota wilayah) Assosa," kata laporan Televisi Ethiopia, milik negara.

Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan, dan para pejabat tidak segera tersedia untuk berkomentar.

Pada September, dua pembom bunuh diri Somalia sengaja meledakkan diri di Addis Ababa ketika menyiapkan untuk meledakkan bom di kalangan penggemar sepak bola selama pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia Ethiopia melawan Nigeria.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014