diikuti 32 peserta yang merupakan pengusaha industri elektronik dan telematika dalam negeri.
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian RI menggelar pameran produk lokal industri elektronika dan telematika Indonesia dengan tema "Inovasi Produk untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Produk Elektronika dan Telematika", di Plasa Industri Jakarta, Senin.

"Pameran ini merupakan kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan tiap tahun dan sudah biasa diikuti oleh kalangan industri elektronika dan telematika dalam negeri," kata Inspektur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Syarif Hidayat saat membuka pameran tersebut.

Menurut Syarif, acara pameran tersebut adalah upaya pemerintah menyediakan kesempatan untuk promosi dan penyebaran informasi mengenai kemampuan dan kemandirian yang dimiliki industri elektronika dan telematika di dalam negeri.

Acara yang terselenggara atas kerja sama Direktorat Jenderal IUBTT Kementerian Perindustrian dengan pengusaha dan asosiasi industri elektronika dan telematika itu dilaksanakan mulai 28 April hingga 30 April pada pukul 10.00--16.30 WIB. 

Pameran produk elektronika dan telematika itu diikuti 32 peserta yang merupakan pengusaha industri elektronik dan telematika dalam negeri.

Adapun beberapa pihak yang terlibat dalam pameran itu, diantaranya Asosiasi industri perlampuan listrik Indonesia, Inkubator kreasi inovasi telematika Semarang (Ikitas), Gabungan Industri Manufaktur Lampu Terpadu Indonesia (Gamatrindo). 

"Pameran ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi peserta pameran untuk meningkatkan daya saing dan mempromosikan produk-produk mereka. Kami dari Kemenperin berupaya membantu agar produk-produk baru industri lokal ini cepat dikenal masyarakat," ujar Syarif.

"Mudah-mudahan pengunjung yang datang dalam pameran ini, baik dari kalangan akademisi maupun masyarakat umum, dapat berinteraksi dengan peserta dari kalangan industri sehingga diharapkan dapat tercipta suatu kerja sama," lanjutnya.

Barang-barang elektronik dan telematika buatan lokal yang dipamerkan di Plasa Industri Kemenperin itu, antara lain lampu pijar, televisi, mesin cuci, mesin pendingin, laptop, komputer tablet, telepon seluler. (*)

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014