Jakarta (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyambut baik rencana buruh merayakan Hari Solidaritas Buruh International atau "May Day" 1 Mei esok dengan kegiatan-kegiatan bakti sosial.

"Dari berbagai daerah di Indonesia masuk laporan bahwa para pekerja atau buruh akan melakukan perayaan May Day dengan beragam aksi sosial kemasyarakatan, baik di sekitar lingkungan perusahaan, kantor dinas tenaga kerja maupun kantor pemerintah daerah," kata Muhaimin dalam pernyataan pers Pusat Humas Kemnakertrans di Jakarta, Rabu.

Rencana kegiatan sosial itu disebut Menakertrans sejalan dengan surat edaran yang dikeluarkan sebelumnya agar May Day dirayakan dengan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti panggung rakyat, donor darah, sunatan massal, dan pembagian sembako.

"Peringatan May Day itu rutin dilakukan setiap tahun, namun paradigma harus terus digeser agar menggeser pola perjuangannya dari gerakan turun ke jalan menjadi gerakan dialog sosial dan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan," kata Muhaimin.

Pewarta: Arie Novarina
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014