Kami selalu bicara hal-hal prinsip dan strategis untuk kemudian bekerja secara taktis secara sendiri-sendiri
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengaku selalu mengoordinasikan semua langkah politiknya kepada Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

Mahfud di Jakarta, Kamis, mengatakan selalu membicarakan langkah politiknya dengan Muhaimin karena ia menempatkan diri sebagai kader PKB yang harus mengikuti kebijakan pimpinan partai.

Koordinasi tersebut dia lakukan dengan melakukan berbagai pertemuan dengan Muhaimin dan saling berkomunikasi melalui telepon.

"Saya sering ke rumah dinas Pak Muhaimin di Widya Chandra di pagi buta atau menjelang tengah malam," kata Mahfud yang juga mantan Menteri Pertahanan itu.

Ia menggambarkan koordinasi yang dia lakukan sangat intensif dan efektif meskipun tidak "gembar-gembor" dengan kontroversi di media massa.

"Kami selalu bicara hal-hal prinsip dan strategis untuk kemudian bekerja secara taktis secara sendiri-sendiri. Secara usia Cak Imin itu junior saya, tapi secara struktural kepartaian, dia adalah pimpinan saya. Makanya kami kordinasinya efektif, tak banyak ribut-ribut. Asal sudah menyepakati hal-hal prinsip dan strategis, kami kerja secara taktis sesuai jalur masing-masing," katanya.

Menjawab pertanyaan tentang berbagai pertemuannya dengan bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo, Mahfud MD membenarkan bahwa dia kerap bertemu.

Pertemuan terbaru, katanya, berlangsung di kediaman dinas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pada Rabu (30/4). Namun, pada pertemuan tersebut, katanya, tidak pernah berbicara soal pencalonan presiden.

"Itu tak pernah kami bicarakan karena kami tahu ada arena politik yang berwenang melakukan itu," kata Guru Besar Hukum Tata Negara dari Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, itu.

Mahfud mengenal Joko Widodo sudah lama dan hingga kini masih sering bertemu.

"Dulu Pak Jokowi mengundang Mahkamah Konstitusi melakukan pendidikan konstitusi untuk lurah-lurah dan aparat kelurahan di Kota Solo. Saya dikenalkan dengan aparat kelurahan dan satpam-satpam yang semuanya perempuan. Jadi hubungan saya sudah lama tetapi tak bicara politik yang bukan domain kami," katanya.



Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014