... TNI dan Polri merupakan tiangnya negara, seperti bapak dan ibu. TNI disimbolkan sebagai bapaknya dan Polri ibunya... "
Demak, Jawa Tengah (ANTARA News) - Kiai Munif Zuhri, pengasuh pondok pesantren Girikesumo, Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mengusulkan kepada Joko Widodo (Jokowi) untuk membentuk Fraksi TNI/Polri di MPR jika kelak terpilih sebagai presiden.

"Pesan Kiai Munif ketika menerima kunjungan bakal capres dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Jokowi memang menginginkan diperjuangkannya lagi utusan golongan di MPR RI," kata Ketua DPP PKB, Marwan Ja'far, mewakili Kiai Munif, saat jumpa pers usai pertemuan antara pengasuh Ponpes Girikesumo itu dan Jokowi, di Demak, Minggu.

Jokowi beserta rombongan tiba di kediaman Kiai Munif Zuhri yang juga Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jateng sekitar pukul 10.15 WIB.

Meskipun pertemuan keduanya cukup singkat, yakni sekitar 15 menit, cukup banyak pesan yang disampaikan tokoh NU dan PKB di Jawa Tengah itu terhadap Jokowi ketika kelak terpilih menjadi presiden.

Terkait dengan usulan membentuk kembali utusan golongan dari TNI/Polri di MPR itu, kata Ja'far yang juga politikus PKB itu, format di MPR nantinya tidak seperti masa lalu.

"Perlu didesain sedemikian rupa agar lebih demokratis dibanding sebelumnya," ujarnya.

"TNI dan Polri merupakan tiangnya negara, seperti bapak dan ibu. TNI disimbolkan sebagai bapaknya dan Polri ibunya," ujarnya.

Pewarta: Akhmad Lathif
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014