Bandung (ANTARA News) - Validasi data perolehan suara pemilu ditingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, selesai disahkan dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara pemilu 2014 agenda pencermatan kembali data pemilih di aula KPU Provinsi Jawa Barat, Selasa.

Hasil validasi itu tercatat ada perubahan data perolehan suara pemilu tingkat Cianjur bertambah di partai politik PDIP, Hanura, PKB, dan Nasdem.

Raihan suara Kabupaten Cianjur pada PDIP semula 66.405 suara setelah divalidasi bertambah menjadi 71.394 suara, Partai Hanura dari sebelumnya 27.810 suara bertambah menjadi 28.938 suara.

Selanjutnya PKB dari semula tercatat 73.745 suara bertambah menjadi 73.755 suara dan Partai Nasdem sebelumnya 20.092 suara bertambah jadi 20.151 suara.

Ketua KPU Cianjur, Awaludin mengatakan perubahan data di suara di PDIP dan Partai Hanura karena adanya pengurangan dari sejumlah calon legislatif.

"Untuk PKB dan Nasdem berubah karena ada salah penghitungan di tingkat PPS," kata Awaludin.

Hasil validasi suara yang dilakukan KPU Cianjur sudah disahkan KPU Jabar dan ditandatangani oleh komisioner KPU Jabar dan Cianjur, Panwaslu serta saksi dari partai politik.

Sebelumnya validasi data suara itu merupakan rekomendasi dari Bawaslu Jabar ke KPU Cianjur karena berdasarkan temuan dan laporan saksi-saksi ada dugaan penggelembungan suara.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014