Dallas (ANTARA News) - Gelandang Meksiko Luis Montes dipastikan tidak bisa ikut membela tim nasional negaranya dalam final Piala Dunia 2014 di Brasil karena patah kaki saat timnya bertanding dalam laga persahabatan melawan Ekuador di Dallas, Amerika Serikat, Sabtu (31/5).

Meksiko menang 3-1 atas Ekuador pada pertandingan itu tapi Montes cedera sekitar dua menit setelah mencetak gol pembuka pada menit ke-33. Ia terlihat kesakitan setelah berebut bola dengan pemain Ekuador, Segundo Castillo.

Montes ditandu dan dibawa ke rumah sakit terdekat. Pelatik Meksiko Miguel Herrera kemudian mengonfirmasi bahwa tibia (tulang kering) dan fibula (tulang betis) Montes patah.

"Dia harus menjalani operasi yang sama sekali tidak akan mudah," kata Herrera seperti dilansir kantor berita Reuters.

Beberapa pemain Meksiko terlihat meneteskan air mata setelah melihat Montes menggeliat kesakitan saat mendapat penanganan di lapangan.

Herrera juga khawatir dengan cedera kaki yang diderita kapten dan bek Rafa Marquez, yang juga dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lanjutan meski kemudian dia mengatakan lukanya tidak terlalu serius.

"Kami akan menunggu, dia bisa menggerakkan kaki meski kesakitan tapi tidak ada tanda-tanda akan memburuk...(tapi) kami harus mengesampingkan semua dan tidak ambil risiko," katanya kepada TV Azteca pada akhir pertandingan.
     
Herrera mengatakan pemain Villarreal Javier Aquino kemungkinan akan dipanggil untuk menggantikan Montes dalam tim final yang meliputi 23 pemain.

Montes merupakan pemain kedua Meksiko yang harus absen dari timnas untuk Piala Dunia, setelah Juan Carlos Medina mengundurkan diri pada 20 Mei akibat cedera pergelangan kaki yang memerlukan operasi. Ia digantikan oleh Miguel Ponce.

"Para pemain di lapangan telah memberikan yang terbaik dan sayangnya terjadi situasi-situasi seperti ini. Kami meminta para pemain untuk tampil maksimal namun kami harus mengatasinya, tidak ada cara untuk membalik halaman, kami harus terus maju," kata Herrera.

Meksiko akan menghadapi tuan rumah Brasil, Kroasia, dan Kamerun di Grup A Piala Dunia.

(H-RF)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014