Yogyakarta (ANTARA News)- Calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) mengunjungi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan meminta restu untuk mengikuti pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Kami dengan Pak Jusuf Kalla ke Jogja dalam rangka mohon doa restu pada Sultan, karena kami memang sangat menghormati Beliau," kata Jokowi di Keraton Kilen Ngayogyakarta Hadiningrat, Senin.

Jokowi mengatakan Sri Sultan bukan hanya raja dan gubernur tapi juga guru bangsa.

"Beliau memakai prinsip ngewongke wong (memanusiakan manusia) dan kami akan mengikutinya," kata dia.

Ia menuturkan bahwa dalam pertemuan selama hampir satu jam dengan Sri Sultan, dia juga sempat mendiskusikan tantangan pemerintahan yang akan datang.

"Intinya kami, atas pikiran Beliau sejalan, baik yang berkaitan dengan kemaritiman, perekonomian makro, mikro, serta berkaitan dengan persoalan TNI ," kata Jokowi.

Pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla menjadi peserta pemilihan presiden dengan dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Sementara calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa maju dengan dukungan dari Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Golkar.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014