Jakarta (ANTARA News) - Raksasa Korea, Samsung, hari ini mengenalkan smartphone Tizen pertamanya yang dijuluki Samsung Z.

Smartphone berplatform Tizen, Samsung Z, akan dipamerkan pada ajang Tizen Developer Conference di San Francisco yang dimulai 3 Juni ini.

"Dikembangkan di atas kualitas yang tak tertandingi dan teknologi mutakhir dari smartphone premium terbaru Samsung, Samsung Z dioptimalkan dengan platform Tizen yang menawarkan kinerja perangkat lunak yang cepat dan kuat," kata Samsung dalam pernyataan di laman resminya, Senin.

Samsung Z dibekali layar 4,8 inci HD Super AMOLED dan prosesor 2.3 GHz Quad-core, yang kata Samsung menawarkan pengalaman berbeda dari smartphone yang efisien dan ringan.

"Samsung Z mengintegrasikan kekuatan dan adaptibilitas platform Tizen, memungkinkan pengguna untuk browsing web lebih cepat dan penggunaan aplikasi lebih efektif," kata DJ Lee, president and head of global sales & marketing office, Mobile Communications Business Samsung Electronics.

Menurut Samsung, platform Tizen menawarkan kecepatan, performa optimal dengan peningkatan manajemen memori.

Samsung Z berbasis OS Tizen diklaim menyajikan waktu startup lebih cepat, kemampuan multi-tasking, dan mendukung untuk menampilkan grafis 2D maupun 3D.

Samsung Z disertai proteksi privasi yang aman berkat sensor fingerprint (sidik jari) yang tertanam (built-in) di dalamnya.

Layout aplikasi dan layar home Samsung Z bisa diatur untuk akses mudah ke fitur dan aplikasi favorit berkat Dynamic Box dan Color Theme.

Smartphone yang akan mulai tersedia di Rusia pada kuartal ketiga tahun ini dan menyusul kemudian ke pasar-pasar lain itu, dirilis dalam dua warna, hitam dan emas.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014