"Untuk memenangkan sesuatu, sangat penting memiliki kepribadian di lapangan. Ini merupakan titik lemah timnas Jerman
Berlin (ANTARA News) - Jerman dijadwalkan melawan Armenia pada Jumat (6/6) pada laga persahabatan sebelum terbang ke Brasil, tetapi kebugaraan kapten Philipp Lahm dan kiper Manuel Neur masih menjadi tanda tanya besar.

Lahm menderita cedera engkel, sedangkan Neuer mengalami cedera bahu. Keduanya diragukan untuk tampil karena cedera saat Bayern Muenchen berlaga di final Jerman Cup tiga minggu lalu.

Wakil kapten, Bastian Schweinsteiger, diharapkan segera pulih karena mendapatkan perawatan intensif untuk mengobati cedera lututnya.

Manajer tim, Oliver Bierhoft, mengatakan ketiganya harus fit untuk laga pembuka piala dunia melawan Portugal di Salvador pada 16 Juni di grup G.

Setelah ditahan imbang oleh Kamerun 2-2, (1/6) di Moenchengladbach, pelatih Joachim Loew ingin mengembangkan permainan dengan umpan-umpan. Loew juga mengakui bahwa penampilan Mesut Ozil bukan yang terbaik.

Mantan kapten timnas Jerman, Michael Ballack mengatakan, "Sejak pindah ke Arsenal, dia (Oezil) bukan orang yang sama, kepercayaan dirinya tidak seperti yang dulu kita lihat," kata Ballack kepada Daily Mirror.

"Sulit mengamankan posisinya di piala dunia," kata Ballack menambahkan.

Loew masih punya opsi untuk mengganti Oezil dengan pemain Borussia Dortmund, Marco Reus. Tetapi Loew mengatakan akan memberi kesempatan bintang Arsenal itu.

"Saya khawatir dengannya (Oezil) ketika dia cedera, tetapi bukan karena penampilannya. Saya tahu dia akan melakukan hal yang menakjubkan," kata Loew. "Dia merupakan pemain yang bisa menentukan pertandingan."

Jerman membutuhkan tambahan semangat dengan mengalahkan Armenia Sabtu nanti sebelum terbang ke Brasil.

Ballack juga mengatakan pemain senior seperti Thomas Mueller dan Schweinsteiger harus menunjukkan kepemimpinnya, khususnya ketika Lahm dan Neuer absen.

"Untuk memenangkan sesuatu, sangat penting memiliki kepribadian di lapangan. Ini merupakan titik lemah timnas Jerman," kata Ballack.

Armenia takluk 3-1 lawan Algeria di laga persahabatan di Swiss Sabtu, (31/5). Tetapi mengalahkan Arab dengan skor tipis 4-3 (27/5), gelandang Dortmund Henrikh Mkhitaryan menyumbangkan dua gol.

Jerman berada di peringkat kedua dunia, sementara Armenia peringkat 33. Dua pertemuan lalu, Jerman menang 5-1 di babak kualifikasi piala dunia 1994 dan menang 4-0 pada 1997.

Dalam laga ini, Loew mengincar kemenangan ke-71 di laga internasional ke 105 bersama Der Panzer, demikian AFP.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014