... kita juga punya hubungan yang dekat, sehingga sangat penting secara politis... "
Jakarta (ANTARA News) - "Palestina negara prioritas penerima bantuan teknis Indonesia dalam hal pembangunan kapasitas," kata Direktur Kerja Sama Teknik Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Siti Mauludiah.

"Palestina negara yang prioritasnya paling tinggi karena kepentingan politisnya juga tinggi," katanya, di kantor Kementerian Luar Negeri, di Jakarta, Kamis.

Sejak didirikan pada 2006, direktorat itu mengklaim telah membantu sekitar 1.061 warga Palestina yang mendapatkan manfaat dari kerja sama teknik.

Menurut dia, ada banyak keuntungan dari kerja sama teknik yang kebanyakan diberikan pemerintah Indonesia kepada negara berkembang lainnya. 

Keuntungan itu, di antaranya dapat merekatkan hubungan politik guna mencari kekuatan, memperluas peluang investasi dan mendekatkan secara sosial budaya.

"Kalau dengan Palestina, kita juga punya hubungan yang dekat, sehingga sangat penting secara politis," ujarnya.

Selain kepada Palestina, pemerintah Indonesia juga memberikan prioritas bantuan teknik kepada Afghanistan, Myanmar, dan negara Timor Timur (Timor Leste). 

"Ke Timor Leste itu paling banyak, karena hampir ke semua sektor. Tetapi tidak semua bantuannya melalui Kemlu. Kebanyakan bahkan hanya atas permintaan dari kementerian atau tingkatan di bawahnya," katanya.

Pewarta: Ade Junida
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014