Setiap perwira TNI dan Polri dituntut untuk selalu menampilkan citra kualitas dan profesionalisme yang tinggi dalam menjalankan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari."
Yogyakarta (ANTARA News) - Perwira adalah pemimpin yang harus dapat menjadi contoh dalam sikap kedisiplinan, bertanggung jawab, jujur, dan loyal, kata Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Agus Munandar.

"Perwira juga harus memiliki etos kerja dengan melihat prestasi sebagai kebanggaan," katanya saat menerima taruna dan taruni Akademi TNI dan Akpol Tingkat I TP 2013/2014 yang tergabung dalam latihan Bhinneka Eka Bhakti di Yogyakarta, Senin.

Oleh karena itu, kata dia, taruna dan taruni Akademi TNI dan Akpol sebagai calon perwira harus mempunyai tekad dan kemauan yang keras dan semangat pantang menyerah.

Selain itu juga harus mampu mengatasi setiap tantangan sehingga dapat melaksanakan tugas yang dibebankan dengan sebaik-baiknya.

"Setiap perwira TNI dan Polri dituntut untuk selalu menampilkan citra kualitas dan profesionalisme yang tinggi dalam menjalankan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Menurut dia, kunjungan taruna dan taruni Akademi TNI dan Akpol ke Lanud Adisutjipto itu merupakan bagian dari latihan Bhinneka Eka Bhakti. Rombongan yang berjumlah 753 itu dipimpin oleh Kolonel Psk Linton Siregar.

Selain mengunjungi Lanud Adisutjipto, mereka juga mengunjungi satuan-satuan operasional TNI dan Polri di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yoyakarta, dan Jawa Timur.

"Maksud dan tujuan kunjungan taruna dan taruni Akademi TNI dan Akpol itu untuk mendapat wawasan dan pengetahuan yang luas tentang penerbangan secara langsung, Sekolah Penerbang, dan tugas pokok Lanud Adisutjipto," katanya.

Taruna dan taruni Akademi TNI dan Akpol itu juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi Wingdik Terbang di Shelter Bravo, menyaksikan kegiatan "static show" pesawat KT-1B, T-34 Charlie, AS-202 Bravo, serta singgah di Skadik 101, Skadik 104, dan Skatek 043.

Sebelum mengunjungi Lanud Adisutjipto, rombongan taruna dan taruni Akademi TNI dan Akpol itu telah mengunjungi Akademi Angkatan Udara (AAU). (B015/M008)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014