London (ANTARA News) - Pelajaran Bahasa Indonesia makin diminati oleh mahasiswa di Universitas Sofia.

"Kecintaan terhadap Indonesia telah mendorong keduanya berinisiatif menjadi tamu pada Kelas Bahasa dan Budaya Indonesia di Universitas Sofia untuk berbagi pengalaman dengan para mahasiswa," kata Sekretaris II KBRI Sofia, Dina Martina, kepada Antara, Selasa.

Dia mengemukakan, mahasiswa di Universitas Sofia semakin berminat terhadap bahasa Indonesia karena alumni penerima Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) Bulgaria, Kaloyan Petrov dan Polina Cherneva, juga ikut membantu KBRI mempromosikan Indonesia di Bulgaria.

Di depan kelas, Poli dan Kaloyan menampilkan tari Puspa Wresti yang dipelajari ketika mengikuti program BSBI dan mereka juga diajarkan musik tradisional Bali.

Kaloyan dan Poli memperkenalkan bahasa Indonesia dibantu Cindytami, peserta AIESEC program dari ITB Indonesia yang sedang studi di beberapa sekolah di Sofia.

Dina mengemukakan kehadiran tiga mahasiswa di Kelas Bahasa dan Budaya Indonesia, semakin menambah antusiasme mahasiswa untuk mempelajari Indonesia.

Hal tersebut menurut Dina  terlihat dari respons positif mahasiswa dan banyaknya pertanyaan yang diajukan antara lain cara mendapatkan besasiswa BSBI,  kegiatan selama di Indonesia dan juga tentang kehidupan serta tradisi dan budaya Indonesia .

Kaloyan dan Poli menyampaikan keramahan masyarakat Indonesia, suka menolong, serta makanannya enak.

Mereka sangat terkesan dengan Bali karena masyarakatnya yang masih menjaga dan melestarikan tradisi dan budaya.

Bagi KBRI Sofia, program BSBI maupun Darmasiswa sangat bermanfaat, mengingat alumni dari kedua program tersebut dapat membantu KBRI dalam mempromosikan Indonesia di wilayah Akreditasi KBRI.

KBRI menyampaikan apresiasi tinggi kepada Kemdikbud yang meningkatkan jatah Darmasiswa tahun 2014/2015 menjadi empat orang dan berharap alokasi bagi program BSBI untuk tahun-tahun mendatang juga bertambah.

Kelas Indonesia saat ini memiliki 28 mahasiswa yang sebagian besar adalah mahasiswa dari Fakultas Classical and Modern Philology Universitas Sofia, sementara sisanya profesional muda pecinta Indonesia dari luar Universitas Sofia. 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014