Jakarta (ANTARA News) -  Robin van Persie melepaskan sundulan sambil menjatuhkan diri usai menerima umpan Daley Blind pada menit 44 untuk membawa Belanda menyamakan kedudukan 1-1 setelah sempat tertinggal 0-1 dari Spanyol dalam laga perdana Grup B Piala Dunia di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu dini hari ini.

Van Persie menjadi pemain Belanda pertama yang mencetak gol pada tiga Piala Dunia, setelah pada dua Piala Dunia terdahulu dia selalu menciptakan gol.

Xabi Alonso lebih dulu membawa Spanyol unggul dari titik penalti pada menit 27 setelah Diego Costa dijatuhkan di kotak penalti oleh Stefan de Vrij yang tak ayal membuat wasit menunjuk titik putih.

Xabi yang menjadi algojo lalu melepaskan tendangan menyusur ke sudut kanan gawang Belanda yang tak bisa ditahan kiper Jasper Cillessen.

Ini adalah gol kedua Alonso pada Piala Dunia setelah delapan tahun silam dia mencetak yang pertama melawan Ukraina di Leipzig, Jerman.

Spanyol yang memasang lima gelandang dengan dua di antaranya gelandang serang bersama striker Diego Costa dalam formasi 4-3-3 terus menekan Belanda yang praktis hanya mengandalkan serangan balik lewat formasi 5-3-2.

Dari catatan FIFA, Spanyol mendominasi penguasaan bola dengan 60 persen dan jauh ebih banyak menciptakan peluang yang kebanyakan diaransemen Andres Iniesta.

Sebanyak enam peluang dikreasi Spanyol yang dua diantaranya on target, sedangkan Belanda hanya menciptakan tiga peluang yang semuanya on target dan semuanya merupakan hasil serangan balik.

Salah satu peluang Belanda diciptakan Wesley Sneijder yang berhasil dimentahkan Iker Casillas pada menit-menit awal, sedangkan Spanyol lebih sering merusak pertahanan Belanda lewat penetrasi Diego Costa yang setiap membawa bola diteriaki penonton Brasil karena merasa dihianati pemain kelahiran Brasil itu.

Susunan pemain:
Spanyol:

Iker Casillas; Gerard Piqué, Sergio Ramos, Jordi Alba, César Azpilicueta; Andrés Iniesta, Xavi, Xabi Alonso, Sergio Busquets, David Silva; Diego Costa

Belanda:
Jasper Cillessen; Ron Vlaar, Stefan de Vrij, Bruno Martins Indi, Daley Blind, Daryl Janmaat; Nigel de Jong, Jonathan de Guzman, Wesley Sneijder; Robin van Persie, Arjen Robben



Pewarta: *
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014