Jakarta (ANTARA News) -  Arjen Robben membuat Belanda berbalik unggul 2-1 pada menit 53 babak kedua laga perdana Grup B Piala Dunia kedua timnas di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu dini hari ini.

Robben menyambut umpan jauh dengan presesi tinggi dan mengolahnya sesaat untuk mengecoh dua bek Spanyol, termasuk Gerard Pique, dan mengakhirinya dengan sebuah tendangan terukur yang tak bisa dihadang Iker Casillas.

Ini adalah gol keempat Robben pada Piala Dunia dalam sembilan penampilannya di putaran final Piala Dunia.

Dia mencetak satu gol pada Piala Dunia 2006 dan dua kali pada 2010.  Dia menyamai rekor Robin van Persie yang sama-sama menjadi pemain Belanda pertama yang menciptakan gol pada tiga Piala Dunia.

Sebelumnya Robin van Persie melepaskan sundulan sambil menjatuhkan diri usai menerima umpan Daley Blind pada menit 44 untuk membawa Belanda menyamakan kedudukan 1-1 setelah sempat tertinggal 0-1 dari Spanyol dalam laga perdana Grup B Piala Dunia di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu dini hari ini.

Van Persie menjadi pemain Belanda pertama yang mencetak gol pada tiga Piala Dunia, setelah pada dua Piala Dunia terdahulu dia selalu menciptakan gol. Robben beberapa kemudian menyusul rekor van Persie ini.

Xabi Alonso lebih dulu membawa Spanyol unggul dari titik penalti pada menit 27 setelah Diego Costa dijatuhkan di kotak penalti oleh Stefan de Vrij yang tak ayal membuat wasit menunjuk titik putih.

Xabi yang menjadi algojo lalu melepaskan tendangan menyusur ke sudut kanan gawang Belanda yang tak bisa ditahan kiper Jasper Cillessen.

Ini adalah gol kedua Alonso pada Piala Dunia setelah delapan tahun silam dia mencetak yang pertama melawan Ukraina di Leipzig, Jerman.

Spanyol yang memasang lima gelandang dengan dua di antaranya gelandang serang bersama striker Diego Costa dalam formasi 4-3-3 terus menekan Belanda yang praktis hanya mengandalkan serangan balik lewat formasi 5-3-2, termasuk awal babak kedua ini juga.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014