Jakarta (ANTARA News) - Bek Belanda Stefan de Vrij membayar tuntas kesalahannya pada babak pertama yang membuat Spanyol sempat unggul 1-0, setelah mencetak gol ketiga Belanda, sedangkan Robin van Persie mencetak gol keempat Oranye untuk membawa timnya unggul sementara 4-1  pada laga perdana Grup B Piala Dunia kedua timnas di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu dini hari ini.

De Vrij melompat untuk menyambut tendangan bebas yang dilepaskan Sneijder, yang sebelumnya sempat ditepis Iker Casillas, guna mengubah kedudukan 3-1 untuk Belanda pada menit 64. Delapan menit kemudian van Persie mencetak gol keduanya untuk membawa Belanda unggul besar sementara 4-1.

Sebelumnya pada menit 53, Arjen Robben menyambut umpan jauh dengan presesi tinggi dan mengolahnya sesaat untuk mengecoh dua bek Spanyol, termasuk Gerard Pique, dan mengakhirinya dengan sebuah tendangan terukur yang tak bisa dihadang Casillas untuk membawa Belanda berbalik unggul 2-1.

Ini adalah gol keempat Robben pada Piala Dunia dalam sembilan penampilannya di putaran final Piala Dunia. Dia mencetak satu gol pada Piala Dunia 2006 dan dua kali pada 2010.  Dia menyamai rekor Robin van Persie yang sama-sama menjadi pemain Belanda pertama yang menciptakan gol pada tiga Piala Dunia.

Pada satu menit menjelang babak pertama berakhir, Robin van Persie melepaskan sundulan sambil menjatuhkan diri usai menerima umpan Daley Blind pada menit 44 untuk membawa Belanda menyamakan kedudukan 1-1 setelah sempat tertinggal 0-1 dari Spanyol.

Van Persie menjadi pemain Belanda pertama yang mencetak gol pada tiga Piala Dunia, setelah pada dua Piala Dunia terdahulu dia selalu menciptakan gol. Robben beberapa kemudian menyusul rekor van Persie ini.

Xabi Alonso lebih dulu membawa Spanyol unggul 1-0 dari titik penalti pada menit 27 setelah Diego Costa dijatuhkan di kotak penalti oleh Stefan de Vrij yang tak ayal membuat wasit menunjuk titik putih.

Xabi yang menjadi algojo lalu melepaskan tendangan menyusur ke sudut kanan gawang Belanda yang tak bisa ditahan kiper Jasper Cillessen.

Ini adalah gol kedua Alonso pada Piala Dunia setelah delapan tahun silam dia mencetak yang pertama melawan Ukraina di Leipzig, Jerman.


Pewarta: *
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014