Salvador, Brasil (ANTARA News) - Striker Robin van Persie meminta rekan-rekannya di tim Oranye untuk tetap fokus meraih Piala Dunia 2014 setelah mereka sukses menumbangkan Spanyol dengan skor menakjubkan 5-1.

Bintang Manchester United berusia 30 tahun itu mencetak dua gol dalam pertandingan pertama tim Belanda yang  mempermalukan juara Piala Dunia dan Piala Eropa, Spanyol, dalam pertandingan pembuka Grup B di Salvador, Sabtu dini hari WIB tadi.

Van Persie menyamakan kedudukandengan sundulan yang luar biasa, hanya 90 detik sebelum waktu istirahat, setelah pemain Spanyol Xabi Alonso melepaskan tendangan penalti pada babak pertama.

Ia kemudian membuat gol kedua atau gol keempat Belanda malam itu setelah menaklukkan kiper Spanyol Iker Casillas dengan menyepak bola yang lepas ke gawang kosong pada menit 72.

Para pemain Belanda berlari kesenangan pada babak kedua setelah berhasil mencatat empat gol yang dua gol diantaranya disumbangkan Arjen Robben.

Belanda menghadapi Australia Rabu mendatang di Stadion Porto Alegro, tapi Van Persie mengatakan mereka harus membangun kemenangan mereka dan melupakan mimpi posisi kedua berturut-turut pada final Piala Dunia.

"Kami telah mengalahkan tim terbaik di dunia dalam enam tahun terakhir dan jika Anda melihat seberapa besar kami menginginkan (posisi juara dunia) dan seberapa baik kami bermain, itu adalah pujian besar untuk tim kami," kata "man of the match" laga semalam itu.

"Kami harus mengambil semuanya dan menikmatinya, tetapi kemudian kami harus fokus kepada Australia, ini adalah malam yang luar biasa untuk seluruh Belanda, tapi kami baru mengumpulkan tiga poin," ujar van Persie.

Van Persie memiliki sejarah selalu menjadi bagian skuat tim Belanda dan merupakan pemain yang berkilau di timnya ketika bermain dalam turnamen besar.

Setelah membuat debut internasionalnya pada 2005, Van Persie menjadi bagian dari skuat Belanda di bawah pelatih Marco van Basten yang dikalahkan Portugal pada babak 16 Besar Piala Dunia 2006.

Dia juga masuk skuat ketika Belanda mengalahkan baik Italia maupun Prancis pada  Euro 2008, namun kembali gagal melaju setelah kalah dalam perempat final melawan Rusia dengan skor 3-1.

Belanda membalas kekalahan mereka dari Spanyol pada final Piala Dunia 2010 dengan menawan, namun kenangan kegagalan tim itu dalam Piala Euro 2012 masih segar setelah Belanda kalah dalam tiga pertandingan melawan Jerman, Portugal dan Denmark.

Van Persie mengatakan skuat Belanda perlu bekerjasama untuk meningkatkan kualitas jika ingin menjadi tim Eropa pertama yang memenangkan Piala Dunia di Amerika Selatan.

Belanda adalah tim terakhir yang mencapai final Piala Dunia di Amerika Selatan setelah kalah dari Argentina 3-1 usai perpanjangan waktu pada Piala Dunia 1978.

"Saya sudah di sini sebelumnya, ini adalah turnamen kelima saya dan saya tidak ingin kami menjadi terlalu senang karena ini baru satu pertandingan dan baru tiga poin  terkumpul," katanya seperti dikutip AFP. "Kami masih harus melakukan perbaikan dan tetap berjuang bersama."



Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014