Moskow (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin akan terbang ke Brasil bulan depan untuk ambil bagian dalam seremoni penutupan putaran final Piala Dunia di tengah persiapan Rusia menjadi tuan rumah berikutnya Piala Dunia, lapor surat kabar setempat seperti dikutip AFP.

Putin akan menghadiri sebuah acara menyusul laga final 12 Juli di Rio de Janeiro di mana Presiden Brasil Dilma Rousseff akan menyampaikan estafet pertanggungjawaban turnamen ini kepada orang kuat Kremlin itu, lapor harian Izvestiya mengutip sejumlah sumber pemerintah.

Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 dan sudah berjanji untuk menggelontorkan sekitar 20 juta dolar AS untuk membangun stadion dan infrastruktur di seluruh negeri demi turnamen itu.

Putin sedang dikucilkan Barat akibat pendiriannya menyangkut krisis Ukraina namun tengah berupaya memperkuat hubungannya dengan kekuatan-kekuatan ekonomi baru seperti Brasil, Tiongkok dan India.

Putin telah memanfaatkan perhelatan akbar sepak bola untuk memoles citranya di dalam dan luar negeri dengan menyalurkan 50 miliar dolar AS untuk mengubah kota pelabuhan di Laut Hitam, Sochi, sebagai penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Februari lalu.

Timnas Rusia sudah menggelar pertandingan perdananya di Brasil dengan memetik hasil seri 1-1 melawan Korea Selatan, demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014