Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian Suswono mengakui keberhasilan "PISAgro" (Partnership for Indonesia Sustainable Agriculture) atau Kemitraan Indonesia untuk Pertanian Berkelanjutan dalam meningkatkan ketahanan pangan.

Dalam dua tahun terakhir, menurut Suswono di Jakarta, Rabu, PISAgro yang merupakan kemitraan antara pemerintah dengan perusahaan swasta untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dengan cara meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan petani kecil itu telah menghasilkan sejumlah prestasi nyata.

Lebih lanjut Mentan mengemukakan, di bawah PISAgro telah terbentuk 11 kelompok kerja komoditas pertanian prioritas Indonesia, serta kelompok kerja agrifinance, yang terdiri dari perbankan dan asuransi.

"Ini membuktikan platform kemitraan publik swasta bekerja dengan baik untuk mencapai tujuan pertanian berkelanjutan," ucapnya.

Menurut menteri, keberhasilan PISAgro sudah diakui di tingkat regional, sebagaimana dibuktikan oleh fakta bahwa kemitraan ini telah dijadikan sebagai referensi untuk pembentukan "Grow Asia", sebuah kemitraan publik-swasta untuk pertanian berkelanjutan di kawasan ASEAN.

Mentan menyebutkan tiga hal yang membuat PISAgro berhasil meraih capaian-capaiannya yakni dukungan yang konsisten dari pemerintah pada tingkat menteri dan jajaran di bawahnya.

Semua pejabat pemerintah mulai dari Wakil Menteri, Direktur Jenderal dan Direktur menyempatkan untuk bekerja dengan perusahaan dan mengunjungi para petani kecil secara langsung untuk memastikan berjalannya program bagi keuntungan petani kecil.

Kemudian, tata kelola PISAgro yang baik yang mana para CEO dari perusahaan swasta besar memberikan komitmen dan tanggung jawabnya. Pemerintah bertindak sebagai dewan pengawas.

Masyarakat sipil dan petani dilibatkan di tingkat program. Ada dukungan institusi pendidikan dan lembaga penelitian serta dibentuknya kantor sekretariat yang mandiri.

"Dan ketiga, penentuan target program yang praktis, membumi namun aspiratif, sehingga memiliki dampak bagi seluruh negeri," paparnya.

Sebelumnya pada Selasa (17/6), Mentan Suswono sempat membuka rapat umum PISAgro yang digelar di Kementerian Pertanian.

PISAgro diawali dengan kemitraan antara tujuh perusahaan besar dengan para petani kecil, kini telah berkembang pesat dan memiliki 23 anggota, yang terdiri dari sejumlah perusahaan nasional dan internasional, LSM dan lembaga Internasional yang berkomitmen untuk mencapai visi PISAgro 20-20-20.

Visi tersebut yakni mencapai peningkatan produktivitas pertanian sebesar 20 persen, peningkatan pendapatan petani kecil sebesar 20 persen, dan penurunan emisi gas rumah kaca sebanyak 20 persen di setiap dekade.


Pewarta: Subagyo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014