Manaus (ANTARA News) - Keraguan tentang kebugaran pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo membayangi persiapan Portugal menjelang pertandingan Grup G Piala Dunia melawan Amerika Serikat di Manaus pada Minggu.

Setelah terguncang akibat kekalahan 0-4 dari Jerman dalam pertandingan pertama mereka, Portugal terancam tersisih jika kalah dari Amerika Serikat.

Mereka harus bersiap lebih baik untuk pertandingan tersebut.

Walau kamp Portugal menegaskan pemain depan Real Madrid itu fit, Ronaldo tampak mengenakan kantung es di lutut ketika sesi latihan dan pergi lebih awal saat rekan-rekan satu tim masih melanjutkan latihan.

Kebanyakan spekulasi media terfokus pada apakah ia akan bermain dalam pertandingan melawan Amerika Serikat, atau jika ia akhirnya bermain, apakah ia akan fit sepenuhnya.

Namun pemain penyerang Helder Postiga berkeras pembicaraan mengenai kantung es di kaki Cristiano Ronaldo terlalu berlebihan.

"Saya secara personal menganggap pembicaraan tentang Cristiano Ronaldo sedikit berlebihan, saya membayangkan bagaimana perasaannya mengenai itu," kata Postiga seperti dilansir kantor berita AFP.

"Tetapi tentang kondisi fisiknya, ia sudah berlatih maksimal dan jika ini tidak terdaftar dalam informasi klinis Federasi (Sepak Bola) Portugal, ini karena ia fit untuk bermain."

Namun Ronaldo hanya salah satu masalah Portugal karena mereka akan kehilangan beberapa pemain lainnya.

Bek tengah Real, Pepe, yang sudah dilarang bermain satu pertandingan setelah mendapat kartu merah saat melawan Jerman karena menanduk Thomas Mueller.

Selain itu Fabio Coentrao keluar dari turnamen karena sobek otot paha, pemain depan Hugo Almeida cedera hamstring, dan kiper cadangan Rui Patricio cedera otot paha.

Ini nyaris bukan persiapan ideal untuk menghadapi Amerika Serikat, yang mengawali laga mereka dengan kemenangan 2-1 atas Ghana, membalas kekalahan mereka dari tim Black Stars pada dua Piala Dunia sebelumnya.

Namun pelatih Portugal Paulo Bento yakin bahwa timnya lebih baik dari lawan mereka.

"Versi terbaik Portugal dapat mengalahkan Amerika Serikat. Kami menghormati AS sebagai tim yang sangat baik," katanya seperti dikutip AFP.

"Mereka telah berkembang selama tahun-tahun terakhir jadi kami harus menghargai mereka tapi kami yakin pada diri kami sendiri, kami percaya pada pekerjaan kami, kualitas kami, sehingga kami harus bertanggung jawab, kami harus berada dalam kondisi terbaik untuk memenangi pertandingan ini, dan kami yakin."

Amerika Serikat juga tidak tanpa masalah. Striker mereka Jozy Altidore keluar dari pertandingan karena cedera hamstring, meskipun US Soccer yakin ia bisa bermain lagi pada turnamen tersebut.

Kabar lebih baik datang mengenai Clint Dempsey, pencetak gol pembuka saat melawan Ghana, yang patah hidung dalam pertandingan tersebut.  Ia tampaknya akan bermain melawan Portugal mengenakan masker pelindung wajah.

Bek tengah Matt Besler, yang seperti Altidore harus keluar lapangan pada babak pertama melawan Ghana karena masalah hamstring, adalah pemain lain yang harus fit untuk bertanding.

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014