Merak (ANTARA News) - Penumpang pelabuhan Merak yang hendak menuju Pulau Sumatera mulai meningkat sehubungan memasuki liburan sekolah dan menjelang bulan suci Ramadan 2014.

"Kami memprediksikan selama sepekan ke depan penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan meningkat sekitar 10 persen dibandingkan hari normal," kata Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo di Merak, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya kini terus membenahi sekitar Pelabuhan Merak guna memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan.

Pembenahan itu untuk memberikan kelancaran arus lalu lintas, kenyamanan, ketertiban dan keselamatan.

Saat ini, kata dia, jumlah penumpang memasuki liburan sekolah dan menjelang Ramadhan terjadi kenaikan penumpang.

Berdasarkan data jumlah penumpang, Senin (23/6) tercatat 27.963 jiwa yang terdiri atas pejalan kaki sebanyak 3.550 jiwa dan penumpang di atas kendaraan terdapat 24.413 jiwa.

"Saya kira jumlah penumpang terus meningkat hingga memasuki Ramadhan," katanya.

Menurut dia, ASDP mengoeprasi kapal "roll on roll of" atau roro sebanyak 25 armada sehingga perjalanan penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung mencapai 90 trip.

Karena itu, kondisi Pelabuhan Merak berjalan lancar dan semua kendaraan yang masuk ke dermaga bisa diseberangkan tanpa terjadi antrean.

Sebab kegiatan kapal bongkar muat di Pelabuhan Merak hanya 40 menit bisa diseberangkan ke bakauheni, Lampung.

"Kami terus bekerja keras agar Pelabuhan Merak berjalan lancar," katanya.

Sementara itu, Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Nana Sutisna mengatakan selama ini volume penumpang mengalami peningkatan sehingga petugas di lapangan bekerja keras untuk pengaturan lalu lintas.

"Saya prediksikan penumpang terus melonjak selama liburan sekolah dan menjelang datangnya puasa Ramadhan," katanya.

(KR-MSR/B012)

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014