Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi II DPR RI, Agun Gunanjar Sudarsa tak tertarik menjadi menteri, tak tertarik menjadi pimpinan DPR RI ataupun pimpinan komisi di DPR RI.

"Saya lebih memilih menjadi pimpinan MPR RI, saya sangat berminat menjadi pimpinan MPR RI," kata Ketua Agun di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Ia menyebutkan, menjadi pimpinan MPR RI sudah diutarakan kepada DPP Partai Golkar. "DPP Golkar menyambut baik keinginan tersebut," katanya.

Ia menyatakan, keinginan menjadi pimpinan MPR RI karena dirinya melihat peran MPR tak maksimal dan ingin memperbaiki sistem yang ada di negeri ini melalui peran MPR.

Ia memberikan contoh, saat ini hubungan antar lembaga saling bertabrakan, saling bertentangan, tidak harmonis, politik anggaran yang tidak mencerminkan UUD 45, banyak UU yang diajukan ke MK.

"Saya berpikir bagaimana konstruksi MPR ke depan yang didalamnya mengatur kelembagaan tersebut sehingga tidak lagi tabrakan antar lembaga sehingga menciptakan hubungan yang harmonis," kata Agun.

Ia juga menyebutkan, peran MPR adalah juga bisa mengkaji tatanan kepemiliuan kita, apakah sudah sesuai dengan budaya kita atau hanya tiruan dari asing. "Banyak yang harus diperbaiki dan MPR punya peran," kata dia. (Zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014