Kami siap memfasilitasi dalam bentuk promosi, pameran atau membuat pusat-pusat pertumbuhan industri animasi di berbagai daerah
Yogyakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian mendorong pertumbuhan industri animasi Nasional untuk menghadapi persaingan industri menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015.

"Nanti saat diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir 2015, tentu industri animasi pun akan bersaing, oleh sebab itu potensi industri animasi di Indonesia harus turut didorong berkembang," kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Triharso, dalam Forum Komunikasi Penguatan Kelembagaan Pusat Pengembangan Industri Telematika di Yogyakarta, Selasa.

Dalam forum yang mempertemukan antarpelaku industri animasi di Yogyakarta tersebut, Triharso mengatakan Kemenperin siap mendukung tumbuhnya industri animasi di berbagai daerah. Apalagi, menurut dia, industri animasi memiliki potensi ekonomi yang cukup besar yang dapat diandalkan saat memasuki MEA 2015.

"Kami siap memfasilitasi dalam bentuk promosi, pameran atau membuat pusat-pusat pertumbuhan industri animasi di berbagai daerah. Intinya dalam industri animasi ini jangan sampai kita hanya menjadi penonton," kata Triharso.

Menurut dia, dalam rangka mendukung pertumbuhan industri tersebut, saat ini Kemenperin telah membentuk pusat-pusat industri animasi di empat kota, seperti Bali, Jakarta, Semarang, dan Pacitan.

Menurut dia Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia (SDM) kreatif di bidang industri animasi cukup besar.

"Indonesia punya potensi cukup besar. Misalnya, saja produk film animasi Battle of Surabaya dihargai hingga 30 juta dolar," ujarnya.

Meski demikian, ia mengaku prihatin dengan banyaknya animator potensial Indonesia yang justru mempersembahkan karyanya untuk industri negara lain.

"Jangan sampai sumber daya manusia (SDM) potensial nanti justru pindah ke negara lain. Itu hanya karena mereka belum merasakan adanya iklim industri animasi di Indonesia," katanya.

Forum Komunikasi Penguatan Kelembagaan Pusat Pengembangan Industri Telematika, yang diselenggarakan Kemenperin tersebut merupakan sarana untuk menyatukan visi-misi antara pemerintah dan pelaku industri animasi dalam mengembangkan industri tersebut.



Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014