Jakarta (ANTARA News) - Gol David Luiz dan Alexis Sanchez membuat babak pertama laga 16 Besar antara Brasil melawan Chile di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Sabtu malam ini, berakhir seri 1-1.

Setelah beberapa kali upaya gagal, diantaranya lewat Neymar, Mercelo dan Hulk, Brasil akhirnya mencetak gol lebih dulu pada menit 18 lewat beknya David Luiz dari sebuah set piece tendangan pojok Neymar.

David Luiz yang menyambar bola dengan satu sontekan usai menyantap sundulan Thiago Silva yang menyambut sepak pojok Neymar pada menit 18 babak pertama laga sesama Amerika Selatan ini.

Sepak pojok Neymar ini tercipta setelah kiper Claudio Bravo menepis tendangan keras Hulk yang mengeksekusi tendangan bebas beberapa meter dari kotak penalti.

Brasil hampir menggandakan keunggulan pada menit 26 ketika Neymar adu sprint dengan para pemain Chile namun upaya melebar dari gawang Claudio Bravo.

Lalu, 14 menit dari gol David Luiz, Alexis Sanchez menyamakan kedudukan bagi Chile setelah dengan sempurna dia menuntaskan blunder yang dilakukan barisan belakang Brasil, dengan sebuah tendangan menyilang dan menyusur ke arah kiri kiper Julio Cesar.

Gol ini didahului lemparan ke dalam oleh Marcelo hanya beberapa meter dari kotak penalti Brasil. Striker Chile Eduardo Vargas mencuri bola dari bek Brasil untuk mengumpan ke tengah kotak penalti yang sudah dinanti Sanchez yang menyeruak berlari menyambar bola untuk kemudian dia lepaskan melewati hadangan Julio Cesar.

Setelah gol ini, Neymar setidaknya tiga kali berpeluang menambah gol Brasil, di samping juga sebuah peluang yang diciptakan David Luiz pada menit-menit akhir, sedangkan Sanchez nyaris menciptakan gol keduanya pada menit-menit terakhir.

Brasil nyaris unggul kembali pada menit 42 ketika Neymar yang melewati para gelandang Chile untuk masuk ke pertahanan Chile namun pada penyelesaian akhir bola sudah bergerak menjauh dari kakinya. Masih ada Fred di depan bola, namun tendangannya malah meluncur di atas mistar gawang.

Mengutip laman Piala Dunia FIFA, pada babak pertama ini, Chile secara mengejutkan mendominasi pengusaan bola dengan 57 persen.

Chile melampaui statistik penuntasan umpan yaitu 155 melawan 88 yang dilakukan Brasil.  Demikian juga unggul satu kali dalam melancarkan serangan berbahaya.

Tetapi Brasil melewati Chile dalam menciptakan peluang gol (10 melawan 4), termasuk dalam menciptakan peluang on target.

Susunan pemain kedua tim seperti dirilis laman Piala Dunia FIFA.

Brasil: Julio Cesar: Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo; Fernandinho, Hulk, Neymar, Oscar, Luiz Gustavo; Fred

Chile: Claudio Bravo; Francisco Silva, Gary Medel, Gonzalo Jara; Eugenio Mena, Mauricio Isla, Arturo Vidal, Charles Aranguiz, Marcelo Díaz; Alexis Sanchez, Eduardo Vargas

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014