Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengandalkan variasi serangan demi melangkah ke babak 16 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 di Ningbo, China.

Hal itu dilakukan untuk menyiasati perbedaan laju shuttlecock dibanding pertandingan terakhir yang ia lakoni di Birmingham, Inggris, beberapa waktu lalu, saat berlaga di turnamen BWF Super 1000 All England Open 2024 dan membawa pulang gelar juara.

“Pertandingan hari ini saya gunakan untuk pemanasan. Selain itu kondisi shuttlecock-nya berbeda dengan yang dipakai di All England. Lajunya kurang stabil untuk setiap pukulannya. Jadi saya gunakan untuk lebih mengenakan feeling touch-nya,” ungkap Jonatan, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI, Rabu.

“Juga untuk lebih memantapkan situasi di lapangan, antara kencang atau tidaknya. Feeling-feeling defend-nya, serangannya, pukulan variasi lob dan chop-nya,” ujarnya menambahkan.

Adapun Jonatan memenangkan laga partai pertama BAC 2024 atas wakil tunggal putra Filipina Jewel Angelo Albo melalui straight game dengan skor 21-12, 21-12.

Strategi lainnya yang diterapkan oleh unggulan ketiga itu adalah dengan beberapa kali mencoba menarik lawan untuk bermain reli panjang. Namun, Jonatan mengakui bahwa beberapa kali bola sudah mati lebih dulu, sehingga strateginya belum berhasil.

“Jadi itu sedikit yang kurang dapat dalam pertandingan hari ini. Tetapi ya oke saja karena setiap pertandingan kadang tidak sesuai dengan ekspektasi,” kata Jonatan.

Baca juga: Leo/Daniel dan Meilysa/Rachel kurang sabar saat berlaga di BAC

Dengan ini, maka Jonatan akan bersiap untuk bertemu dengan pemenang laga antara Koki Watanabe (Jepang) dan Lee Cheuk Yiu (Hong Kong) di babak 16 besar esok.

“Untuk menghadapi pertandingan besok, ya rileks dulu saja. Sambil menunggu siapa lawannya. Baru nanti setelah ketahuan, dipelajari bagaimana lawannya dan juga berdiskusi dengan pelatih,” kata Jonatan.

Sementara itu, sejauh ini Indonesia sudah menempatkan empat wakilnya di babak 16 besar BAC 2024. Selain Jonatan, ada tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting yang menang atas wakil India Kidambi Srikanth 21-14, 21-13.

Lebih lanjut, ada ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang menang atas pasangan Jepang Hiroki Midorikawa/Natsu Saito melalui rubber game 21-13, 14-21, 21-18 di babak pertama BAC 2024.

Selain itu, ada juga tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang menang atas wakil Jepang Natsuki Nidaira pada babak 32 besar melalui dua gim langsung dengan skor 21-9, 21-14.

Baca juga: Ginting pertahankan dominasi demi maju ke 16 besar BAC 2024
Baca juga: Lanny/Ribka dan Putri KW terhenti di babak pertama BAC 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024