Jakarta (ANTARA News) - Julio Cesar menjadi pahlawan kemenangan Brasil setelah sukses memblok dua tendangan pemain Chile untuk membawa Brasil memenangi laga 16 Besar di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, lewat adu penalti setelah kedudukan tetap seri 1- 1sampai 120 menit pertandingan.

Tiga penendang Chile gagal menjaringkan bola ke gawang Brasil yang dua diantaranya terjadi karena blok cemerlang Julio Cesar, sedangkan dua penendang Brasil gagal yang salah satunya diblok kiper Claudio Bravo.

Tiga penendang Chile adalah Mauricio Pinnilla, Alexis Sanchez dan Gonzalo Jara (membentur tiang gawang).  Sedangkan dua penendang Brasil yang gagal adalah Willian (melenceng dari gawang) dan Hulk.

Chile hanya berhasil lewat Charles Aranguiz dan Marcelo Diaz, sedangkan tiga penendang Brasil yang sukses memasukkan bola adalah David Luiz, Marcello dan Neymar.

Kedudukan adu penalti adalah 3-2 untuk Brasil, sedangkan total gol pada pertandingan ini adalah 4-3.

Sebelumnya, sampai 2x15 menit babak perpanjangan waktu usai, laga Brasil melawan Chile di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, tetap seri 1-1 sehingga harus dilanjutkan ke adu penalti.

Kedua tim masing-masing menciptakan satu gol pada babak pertama. Brasil unggul lebih dulu pada menit 18 lewat David Luiz dari sebuah set piece lewat tendangan pojok Neymar.

David Luiz yang ditempel Gonzalo Jara berusaha menyantap bola hasil sundulan Thiago Silva yang menyambut sepak pojok Neymar pada menit 18 babak pertama laga sesama Amerika Selatan ini. Dari tayangan ulang, bola masuk ternyata akibat halauan kaki Gonzalo Jara, sehingga espn.com masih menyebutnya gol bunuh diri.

Pada menit 32, Alexis Sanchez menyamakan kedudukan setelah dengan sempurna menuntaskan blunder barisan belakang Brasil, dengan satu tendangan menyilang ke arah kiri kiper Julio Cesar.

Gol ini didahului lemparan ke dalam Marcelo hanya beberapa meter dari kotak penalti Brasil. Striker Chile Eduardo Vargas memotong umpan dari lemparan ke dalam Marcelo, lalu dia teruskan ke tengah kotak penalti di mana Sanchez datang menyeruak berlari menyambar bola untuk kemudian dilepaskannya ke arah gawang tanpa bisa dihadang Julio Cesar.

Pada babak kedua, kendati kedua tim saling menyerang dan menciptakan peluang, tidak ada gol yang tercipta, sedangkan kiriman bola ke dalam gawang Chile dari Hulk dianulir karena penyerang Brasil ini dinyatakan menyentuh bola dengan tangan sebelum menendang bola.

Pada dua kali 15 menit babak perpanjangan waktu, kedua tim tidak berhasil menciptakan gol, namun pemain pengganti Mauricio Pinnilla nyaris menciptakan gol ketika  tendangannya hasil kerjasama apiknya dengan Alexis Sanchez membentur tiang gawang.

Brasil akan menghadapi pemenang pertandingan Uruguay melawan Kolombia pekan depan di Fortaleza, sedangkan bagi Chile ini adalah keempat kalinya mereka gagal mengalahkan Brasil pada Piala Dunia.

Chile juga untuk ketiga kalinya gagal lolos ke babak perempat final setelah juga gagal pada Piala Dunia 2010 dan pada 1998.  Semuanya dikalahkan Brasil.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014