debat ini salah satu faktor yang bisa membalikkan keadaan.
Jakarta (ANTARA News) - Juru bicara pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK), Ferry Mursyidan Baldan, mengatakan debat capres-cawapres akan turut menentukan perolehan suara dari masyarakat yang belum menentukan sikap politiknya (undecided voter) di Pilpres 2014.

"Debat ini salah satu yang ikut menentukan perolehan suara undecided voter. Karena debat ini salah satu faktor yang bisa membalikkan keadaan," kata Ferry di sela-sela acara debat cawapres di Bidakara, Jakarta, Minggu malam.

Ferry mengatakan undecided voter umumnya terdiri dari masyarakat kelas atas, yang masih ingin menangkap soal visi dan misi pasangan capres-cawapres secara pribadi.

"Karena pilpres sangat subyektif sekali, pemilih memiliki alasan berbeda-beda, ada yang memilih karena ingin ini, ada yang karena ingin itu," ujar dia.

Lebih jauh dia menyampaikan bahwa pertarungan Pilpres sebenarnya akan ditentukan oleh suara "undecided voter" dan suara masyarakat yang masih gamang. Hal ini terbukti dengan selalu ketatnya hasil perolehan suara kedua pasangan dalam setiap survei yang dilansir.

"Ini konsekuensi dua pasangan memang gap semakin sedikit dan ketat," ujarnya.

Pada Minggu malam, calon wakil presiden Jusuf Kalla menjalani debat dengan cawapres Hatta Rajasa, yang bertemakan Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK, di Bidakara, Jakarta.

Debat itu salah satu dari lima rangkaian prosesi debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). (*)

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014