Peranan perempuan sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa.
Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Prabowo Subianto berjanji melindungi kepentingan perempuan dan mendorong kesetaraan manakala terpilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Komitmen terhadap hal itu disampaikan oleh Prabowo saat menjawab pertanyaan Capres RI Anies Baswedan saat debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Minggu, malam.

"Peranan perempuan sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa. Oleh karena itu, fokus saya adalah membantu gizi, makan, untuk kaum ibu-ibu yang hamil," ujar Prabowo menjawab pertanyaan Anies.

Kedua, lanjut dia, fokus pada pendidikan. Dalam hal ini, Prabowo ingin membangun sekolah-sekolah unggul terpadu di tiap kabupaten, tempat kaum perempuan harus mendapat kesempatan yang sama dengan laki-laki

Diungkapkan pula bahwa komitmen itu telah dia tunjukkan saat dia menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

"Ini sudah saya rintis di Universitas Pertahanan, pada program S-1, di 10 program studi di bidang Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM), ternyata proporsi perempuan sangat besar," katanya.

Selain itu, juga di Politeknik Vokasi di Atambua. Di tempat ini justru perempuan lebih banyak daripada laki-laki.

"Jadi, benar kita harus memberi kesempatan, terutama dari pendidikan dan pelayanan kesehatan. Ini saya kira sangat-sangat penting. Ini harus kita kurangi angka kematian ibu," kata Prabowo.

Ketika menyinggung peran penting perempuan di politik, Prabowo juga berjanji akan meningkatkan peran perempuan di pemerintahan manakala pasangan Prabowo-Gibran terpilih pada Pemilu 2024.

"Saya kira upaya-upaya kesetaraan gender sangat penting juga di bidang politik kaum perempuan mengambil peran sangat menonjol. Saya mendorong peranan itu di pemerintahan yang saya pimpin kalau terpilih," ujar Prabowo.

Baca juga: Prabowo berterima kasih kepada 7 presiden, termasuk Megawati
Baca juga: Prabowo cerita soal kekurangan dokter di Atambua 


Debat kelima yang diikuti tiga capres malam ini menjadi rangkaian penutup acara debat yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Lima sesi debat yang diikuti secara bergantian oleh capres dan cawapres merupakan forum resmi yang digelar oleh KPU untuk tiga pasangan calon berkampanye dan adu gagasan. Debat-debat sebelumnya berlangsung pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, dan 21 Januari 2024.

Debat terakhir, yang menjadi penghujung rangkaian debat Pilpres 2024, bertema: kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024