Jakarta (ANTARA News) - Calon presiden Prabowo Subianto mengatakan berdasarkan hitung cepat hasil pemilihan presiden dan wakil presiden dari lembaga survei yang menjadi acuan timnya menunjukkan perolehan suara dia dan Hatta Rajasa lebih besar dari pesaing mereka, Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Bersyukur dari hitungan yang masuk, kami pasangan nomor satu mendapat dukungan dan mandat dari rakyat Indonesia," kata Prabowo saat menyampaikan keterangan pers yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional, Rabu.

Ia mengatakan Koalisi Merah Putih yang mendukung pasangan Prabowo-Hatta mengucapkan "terimakasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas kepercayaan yang diberikan."

Namun, kata Prabowo, timnya masih akan menunggu hingga data yang masuk dalam penghitungan cepat sampai 90 persen

Prabowo juga mengatakan bahwa hasil akhir pemilihan umum akan ditentukan berdasarkan hasil hitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Oleh karena itu ia meminta seluruh pendukungnya untuk menjaga dan mengawal perhitungan hasil pemungutan suara sampai selesai.

Sebelumnya Ketua Tim Sukses Prabowo-Hatta, Mahfud MD, mengatakan hitung cepat lembaga survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), Jaringan Survei Indonesia (JSI), dan Lembaga Survei Nasional (LSN) menunjukkan Prabowo-Hatta sementara memperoleh suara lebih besar dari pesaing mereka.

Menurut hasil hitung cepat disiarkan salah satu stasiun televisi pada Rabu sore, Puskaptis mencatat Prabowo-Hatta memperoleh 52,05 persen suara dan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) mendapat 47,95 persen suara dari 93,41 persen data yang masuk.

Sementara menurut LSN, Prabowo-Hatta mendapat 50,54 persen dan Jokowi-JK 49,46 persen dari 94,9 persen data masuk. Hasil hitung cepat JSI, perolehan suara Prabowo-Hatta 54,29 persen dan Jokowi-JK 49,71 persen dari 89, 30 persen data masuk.

Namun hasil hasil hitung cepat lainnya menunjukkan pasangan Jokowi-JK memperoleh suara lebih besar.

Berdasakan hitung cepat RRI, Prabowo-Hatta hanya memperoleh 47,44 persen dan Jokowi-JK 52,56 persen dari 88,45 persen data yang masuk.

Sementara Lingkaran Survei Indonesia menyebutkan Prabowo-Hatta mendapat 46,72 persen suara dan Jokowi-JK memperoleh 53,28 persen suara.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat Prabowo-Hatta mendapat 47,22 persen suara dan Jokowi-JK 52,78 persen suara dari 98,33 persen data masuk.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014