Peci Garut lebih banyak peminatnya karena harga yang miring...
Jakarta (ANTARA News) - Di tengah maraknya model dan bentuk peci baru yang bermunculan, peci Garut masih jadi favorit di bulan Ramadhan tahun ini.

Junaidi, salah satu pedagang peci eceran di Pasar Jatinegara Jakarta Timur menuturkan peci rajut dengan warna polos hitam atau putih ini masih banyak dicari pembeli meskipun model-model lain seperti peci Nigeria dan peci Kambani bermunculan.

Sedangkan Dede, pedagang peci di pusat perbelanjaan Thamrin City Jakarta Pusat mengaku peci Garut lebih laris daripada peci impor yang dikenal dengan peci Turki kendati memiliki bentuk yang hampir sama.

"Peci Garut lebih banyak peminatnya karena harga yang miring, hanya Rp40.000 satu kodi sedangkan peci Turki Rp80.000 per lusin," ujarnya.

Nur Aini, pedagang di Blok C Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat menambahkan alasan lain mengapa pembeli cenderung memilih peci Garut daripada peci biasa.

"Kalau peci rajut kan all size, jadi kita tidak usah mikirin ukuran kepala," kata dia.

Nur mengatakan biasanya pembeli memesan peci Garut sebagai oleh-oleh untuk dibagi-bagikan pada saudara atau tetangga sehabis menunaikan ibadah haji atau umrah. Di kiosnya peci Garut dibandrol dengan harga Rp50.000 per kodi.

Pedagang lain di lokasi yang sama, Nasir menuturkan peci Garut berwarna putih paling banyak dicari, terutama oleh bapak-bapak.

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014