Montevideo (ANTARA News) - Banjir telah memaksa 1.884 orang meninggalkan rumah mereka di Uruguay Barat, kata Sistem Darurat Nasional negeri itu (SINAE) pada Rabu (16/7).

SINAE mengatakan 1.082 orang dari Provinsi Paysandu --yang paling parah dilanda banjir dan terletak 400 kilometer di sebelah baratlaut ibu kota negeri tersebut, Montevideo-- telah meninggalkan tempat tinggal mereka akibat banjir, yang dipicu oleh hujan lebat.

Meskipun permukaan air di Sungai Uruguay telah mulai turun, kebanyakan orang yang meninggalkan tempat tinggal mereka masih belum pulang atau ditampung oleh kerabat dan teman mereka, kata SINAE di dalam satu pernyataan, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Hujan lebat membuat air Sungai Uruguay, yang mengalir di sepanjang perbatasan antara Brasil, Uruguay dan Argentina, meluap dan merendam kota kecil di sekitar Uruguay Barat, Argentina Utara dan Brazil Selatan.

Pekan lalu, Presiden Uruguay Jose Mujica mengunjungi wilayah yang terpengaruh dan berikrar akan membantu orang yang mengungsi.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014