... telah memperkirakan kegagalan Iran dan P5+1 memenuhi tenggat waktu 20 Juli ... "
Wina (ANTARA News) - Iran dan enam negara besar pada Jumat menyepakati perpanjangan waktu perundingan sampai empat bulan ke depan mengenai sengketa nuklir yang diharapkan dapat mengakhiri sejumlah sanksi terhadap Tehran dengan imbalan pembatasan program pengayaan uranium.

Sebelumnya, Iran dengan lima anggota tetap Dewan Keamanan ditambah Jerman (P5+1), menetapkan 20 Juli batas tenggat waktu menyelesaikan kesepakatan jangka panjang yang akan menyelesaikan sengketa nuklir Iran.

Namun sejumlah diplomat mengatakan bahwa mereka belum dapat perbedaan signifikan di antara berbagai pihak mengenai persoalan tersebut.

"Kami telah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang perundingan," kata seorang diplomat senior Iran, yang meminta identitasnya dirahasiakan, kepada Reuters.

Perpanjangan tersebut disepakati pada Jumat dan mulai berlaku 21 Juli. Perundingan nuklir itu sendiri akan dilanjutkan pada September mendatang dan diharapkan selesai akhir November, demikian sejumlah utusan mengatakan.

Sejumlah pihak sebelumnya telah memperkirakan kegagalan Iran dan P5+1 memenuhi tenggat waktu 20 Juli karena adanya sejumlah perbedaan sikap dalam sejumlah masalah.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014