... sangat jelas, kami tidak akan kembali ke Irak dalam dimensi misi tempur yang sama yang pernah kita lakukan di sana... "
San Diego (ANTARA News) - Amerika Serikat telah mengirim lagi 130 penasehat militer ke Irak utara untuk menilai lingkup krisis kemanusiaan di sana, kata Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Chuck Hagel, Selasa.

"Saya merekomendasikan kepada presiden dan presiden telah memberi wewenang untuk memberangkatkan dan mengirimkan sekitar 130 anggota tim penilai baru ke Irak utara, di wilayah Arbil, untuk melihat lebih dekat dan memberi lebih banyak penilaian yang mendalam di mana kita dapat terus membantu," kata Hagel.

Hagel menambahkan, "Saya juga akan mengatakan, ini mengikuti kriteria yang Presiden Obama telah buat sangat jelas, bahwa ini bukan perpanjangan satu peran bagi Amerika Serikat selain mencari cara-cara membantu dan membantu saran kepada pasukan keamanan Irak."

"Karena presiden telah membuat sangat jelas, kami tidak akan kembali ke Irak dalam dimensi misi tempur yang sama yang pernah kita lakukan di sana."

Personil tambahan tersebut terdiri pasukan marinir dan pasukan operasi khusus, kata pejabat pertahanan.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014