Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak delapan Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau sekitar 800 personel Polda Metro Jaya menjaga seluruh rangkaian upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Minggu (17/8).

Kepala Polda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Dwi Priyatno, di Jakarta Jumat, mengatakan, anak buahnya juga bekerja sama dengan Pasukan Pengamanan Presiden Markas Besar TNI untuk pengamanan dan penjagaan itu; termasuk dalam pembagian zonasi wilayah tanggung jawab.

Dia berharap rangkaian kegiatan upacara ulang tahun ke-69 kemerdekaan Indonesia itu berlangsung tertib.

Selain mengamankan para pejabat pemerintah, tokoh masyarakat dan peserta upacara, polisi juga mengalihkan arus lalulintas di sekitar Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat.

Pengalihan arus kendaraan dari arah Jalan Harmoni diarahkan belok kiri menuju Jalan Juanda-Pasar Baru-Gunung Sahari atau ke arah Jalan Kantor Pos-Lapangan Banteng-Pejambon-Merdeka Timur hingga Tugu Tani.

Sementara arus kendaraan dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) mengarah ke Jalan Merdeka Merdeka Barat pada Simpang Patung Kuda mulai dari Thamrin dialihkan ke kiri arah Budi Kemuliaan-Abdul Muis hingga jalan Majapahit.

Selanjutnya, kendaraan yang datang dari Tugu Tani mengarah Merdeka selatan diluruskan ke Merdeka Timur hingga Jalan Perwira.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014