Bom itu diledakkan melalui pengendali jarak jauh ..."
Quetta, Pakistan (ANTARA News/AFP) - Satu ledakan bom di jalan yang ramai di Provinsi Baluchistan, Pakistan barat laut, Sabtu, menewaskan tiga orang termasuk seorang tentara dan mencederai setidaknya 16 orang lainnya, kata para pejabat keamanan.

Bom yang diletakkan dalam sebuah mobil yang diparkir di pinggir jalan yang ramai kota Quetta, agaknya ditujukan pada satu kendaraan paramiliter yang melewati lokasi itu.

"Bom itu diledakkan melalui pengendali jarak jauh ketika satu kendaraan Korps Perbatasan (FC) datang mendekat satu persimpangan jalan," kata komandan kepolisian Quetta Abdul Razzak Cheema kepada AFP.

Cheema mengatakan, dua dari mereka yang tewas dan seorang yang luka parah adalah para pekerja yang sedang berada di lokasi itu.

Seorang anggota penjinak bom mengemukakan bahwa bahan peledak berkualitas tinggi seberat 40 kilogram telah digunakan untuk membuat bom itu.

Seorang juru bicara Korps Perbatasan, Manzoor Ahmed, mengondfirmasikan bahwa seorang tentara tewas dalam serangan itu sementara seorang lainnya cedera.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu tetapi kelompok separatis aktif beroperasi di daerah itu dan sering menyerang pasukan pemerintah dan instalasi-instalasi.

Bauchistan yang kaya sumber alam dilanda konflik separatis yang mulai aktif kembali tahun 2004, dengan kelompok nasionalis berusaha menghentikan apa yang mereka anggap sebagai pemerasan atas sumber-sumber alam wilayah itu dan pelanggaran hak asasi manusia.
(Uu.H-RN)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014