Jakarta (ANTARA News) - Hingga kini calon pembeli pada pameran dagang terbesar Indonesia yang digelar Kementerian Perdagangan, Trade Expo Indonesia (TEI) ke-29 pada 8-12 Oktober 2014 di Jakarta International Expo (JIExpo) telah mendekati 10.000 orang.

"Per minggu ini calon pembeli yang akan datang ke Trade Expo Indonesia pada 8 Oktober sudah mendekati 10.000 calon pembeli. Sekitar 9.800 orang yang sudah mendaftarkan diri sebagai pembeli," kata Wakil Menteri Perdagangan RI Bayu Krisnamurthi di Jakarta, Jumat.

Sementara untuk peserta pameran bertema "Towards Green Business" itu sudah mendekati 1.000 pihak, katanya, dengan jenis barang yang akan dipamerkan mencapai 13.000 jenis.

Wamendag optimistis acara tersebut dapat menjadi ajang promosi produk dalam negeri ke luar serta mengundang negara-negara dengan perkembangan nilai ekspor melakukan transaksi dan kerja sama dengan pebisnis Indonesia.

TEI 2014 akan menempati area seluas 40.000 m2 dengan memamerkan produk-produk komoditas ekspor utama, komoditas ekspor prospektif, dan produk ekspor lainnya.

Selain produk utama dan prospektif, akan ditampilkan pula produk dari bidang jasa dan tenaga kerja terlatih, seperti jasa konstruksi, jasa profesi, dan hospitality.

Berdasarkan zonasi produk, TEI 2014 juga akan menampilkan Pavilion Pride of Indonesia, yaitu pavilion yang memamerkan produk kebanggaan Indonesia berupa merek lokal yang sudah diterima pasar global, di antaranya industri strategis, hi-tech, manufaktur, produk berbasis sumber daya alam, pemenang Primaniyarta 2014, produk industri kreatif, dan UKM unggulan.

"Kami mengundang anda untuk mengunjungi Pavilion Pride of Indonesia karena di dalamnya ada produk-produk membanggakan. Mungkin banyak di antara kita yang tidak sadar bahwa indonesia adalah produsen dan ekportir besar untuk produk-produk itu dan kita bisa lihat di sana," katanya.
(SDP-69/H-KWR)

Pewarta: Dyah DA
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014