... siap melayani penerbangan komersial dengan pesawat berkapasitas 50 orang atau sekelas CN-235 atau ATR-42... "
Purbalingga, Jawa Tengah (ANTARA News) - Pangkalan Udara TNI AU Wirasaba, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, bakal menjadi bandara komersial pada 2017, kata Bupati Purbalingga, Sukento Marhaendrianto.

"Rencana itu telah disepakati dalam rapat bersama antara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, TNI AU, serta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah pada 6 Oktober," kata dia, di Purbalingga, Rabu.

Dengan demikian, kata dia, nama bandar udara itu nanti adalah Bandara Wirasaba, yang akan memiliki landasan pacu 1.500 meter sehingga siap melayani penerbangan komersial dengan pesawat berkapasitas 50 orang atau sekelas CN-235 atau ATR-42.

Ia mengatakan, perkiraan biaya konstruksi Rp100 miliar memakai dana APBD setempat, sedangkan masalah pengelolaan bandara menunggu kesepakatan lebih lanjut.

Menurut dia, hal itu disebabkan lokasi bandara berada di tanah milik TNI AU, sedangkan pembangunannya menggunakan dana APBD.

"Pembangunan bandara tersebut dapat meningkatkan investasi ke Purbalingga dan menjadi kota wisata dan kota perdagangan," kata dia.

Persiapan ke arah itu dilakukan, di antaranya pembangunan Jembatan Linggamas, yang diperkirakan pada 2015 telah baik semua.

Selain itu, kata dia, PT Kereta Api Indonesia juga berencana menghidupkan kembali jalur Purwokerto-Wonosobo sehingga dapat meningkatkan mobilitas karena wilayah Purbalingga dilalui lintasan KA.

Oleh karena itu, lanjut dia, perubahan Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah 2016 akan disesuaikan dengan rencana Purbalingga sebagai kota wisata, industri, dan perdagangan.

"Perencanaan ini akan disesuaikan dengan analisis dampak lingkungan, sehingga pengembangan wilayah tidak mencemari dan ramah lingkungan," kata dia.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014